kekuatan rakyat dapat mengguncang pemerintahan , karena memiliki kekuatan yang dibangun secara kolektif atas tujuan bersama melawan penguasa yang masa bodoh dengan keinginan rakyat’
kekuatan rakyat sudah waktunya” bangun”  untuk berperkara dengan pemerintah/para elit.
kekuatan rakyat  sangat diperlukan bagi kemajuan suatu bangsa tentunya tanpa menggunakan kekerasan . Dalam konteks ini, yang dimaksud  adalah kekuatan rakyat yang dihasilkan dari kesadaran bersama, melalui proses pengorganiseran dan mobilisasi atau penggerakan massa dengan kepemimpinan kolektif, secara nasional yang berorientasi kerakyatan
Bisakah rakyat  menggunakan kekuatannya sebagai mesin kekuatan rakyat ?

Kekuatan budaya yang kurang dipertimbagkan dan dibangun oleh kekuasaan karena kekuarangtahuannya atau sibuk korupsi, maka kita secara kolektif diperlukan untuk belajar bersama, berbaur untuk menambah pengetahuan, membangun kekuatan budaya kritis dan nalar pikiran yang cerdas . Sehingga keseimbangan akan terjadi ,dan juga mampu mengambil alih kekuasaan secara damai (tanpa kekerasan). Lebih dari itu, satu contoh pergantian kekuasaan tahun 1998, dimana proses kekuasaan orde baru yang membangun kekuasaan sentralistik selama 32 tahun di dalam sistem pemerintah pusat dan daerah, telah menyebabkan ketidak merataan pembangunan, kemiskinan, ketidak adilan disegala bidang dan tidak demokratis.
Yang pertama  bagi masyarakat yang berpendidikan di mana secara konsisten melakukan pendampingan ,bersatu meskipun ada pandangan dan pengalaman berbeda untuk membuat pengertian dan berbagi agenda bersama baik secara politik,ekonomi maupun budaya.
Kedua memperdalam melakukan penelitian sosial untuk melihat secara sistematik di dalam persoalan yang paling diderita masyarakat , seperti objek detail problem sosial, secara kultural, secara ekonomis dan politis.
Ketiga, penyadaran bersama dan berbagi nilai adalah salah satu bentuk pendapingan yang sangat penting dalam kehidupan pluralism (berbineka). Penguatan analisa sosial pada masyarakat akan mempermudah masyarakat secara mandiri mampu membaca struktur sosial, politik,ekonomi dan kekuasaan.
Keempat, untuk mobilisasi dari atas sampai bawah mengambil bagian memberi penerangan pada masyarakat dari pendekatan bawah sampai atas yang memerlukan tekanan baik melalui kampanye tertutup maupun terbuka,aksi simpatik dan kalau diperlukan konfrontasi secra damai.

Kekuatan masyarakat  jika terus dimotivasi akan menjadi mesin kekuatan rakyat  seperti yang terjadi di Pilipina dan diberbagai negara lainnya. Disaat uluran tangan dan pikiran terpusat pada ketidak adilan dan kemiskinan, surga bagi rakyat. Mampukakah rakyat dengan rela melepaskan statusnya untuk bersatu-membangun dan menunjukkan kekuatannya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s