IF THE CHARACTER


 

if the character

Setiap manusia memiliki karakter yang berbeda-beda. Dengan berbagai macam latar belakang; ada yg sejak dari lahir, karena pengarulingkungan baik dalam keluarga   maupun pergaulan, karena pengaruh  kebudayaan. Di dalam berbagai macam karakter ini tentunya ada yang baik dan yang buruk  tergantung masing2  individunya mudah terpengaruh atau tidak.

pola pergaulan ditentukan oleh peranan, yang mengatur perikelakuan manusia,dan kedudukan yang menunjukkan posisi seseorang dalam lingkungannya, hal ini akan membentuk karakter seseorang. Pembentukan karakter, konsep tentang seseorang dan pola berprilaku dipengaruhi melalui proses sosialisasi.pembentukan karakter senantiasa berhubungan dengan pihak lain baik lewat lingkungan keluarga, pergaulan, pengaruh kebudayaan.

Dalam pergaulan sehari-hari  kita merasakan perbedaan karakter manusia. Perbedaan karakter seseorang  terkadang mirip dengan karakter kita, namun tidak sedikit membuat jurang perbedaan yang cukup dalam.

Semakin kuat karakter seseorang, akan semakin nampak kelebihan dan kekurangan mereka. Mereka bisa bekerja dengan baik  di suatu pekerjaan namun tampak bodoh ketika melakukan pekerjaan lainnya.  Tetapi jika karakter seseorang itu positif biasanya akan menimbulkan motivasi dalm diri seseorang untuk bisa lebih baik dari orang lain. Sedangkan jika negatif biasanya akan rusaknya hubungan diantara sesama manusia, misalnya perkelahian, perceraian, permusuhan dan sebagainya. Rusaknya hubungan tersebut bisa jadi disebabkan kita tidak mengenali sifat dan karakter diri kita dan juga tidak mengetahui karakter manusia lainnya.Hal ini bisa berakibat fatal jika kita sebagai pemimpin tidak memiliki persepektif yang benar mengenai kekuatan dan kelemahan karakter manusia.

MEMAHAMI KARAKTER MANUSIA

Dalam lingkungan kantor, kita sering melihat berbagai macam sifat dan karakter manusia. Kadangkala kita sulit mema karakter-karakter mereka. Berikut adalah sedikit karakter dan sifat dari karyawan kantor, dalam hal ini di fokuskan pada BOS dan Sekretaris di kantor greja ……salah tanggap tentang prilaku mereka.

Karakter manusia dilihat dari gaya berbicara

Sekretaris baik – “Pak, saya ketikin ya?”
Sekretaris genit – “Pak, saya kitikin ya?”

BOS baik – “boleh…ini kan tugasmu!”
BOS nakal – “Maauu dooooongng.”

Sekretaris baik – Duduk di kursi
Sekretaris genit – Duduk di lengan-kursi

BOS baik – Menarik menegor bila melihat sesuatu yang tidak benar
BOS nakal – Menarik nafas bila melihat sekretaris yang “tidak benar”

Sekretaris baik – Memijit key-board
Sekretaris genit – Memijit si-boss

BOS baik – “menolaknya !”
BOS nakal- “Sini doong”

Sekretaris baik – Smoke After Lunch
Sekretaris genit – Shower After Lunch

BOS baik – “hati2 di jalan”
BOS nakal – “Sini,.. naik dong”

Sekretaris baik – Pulang larut, lembur-banyak kerjaan
Sekretaris genit – Pulang larut, LemBur-Lempengin Burung

BOS baik – “pulang makan di rumah”                                                                                                                                                                                      Pendeta BOS nakal – “Nanti dinner bareng yaah”
Sekretaris baik – “Sudah siap Pak?”
Sekretaris genit – “Sudah siap belum ?”

BOS baik – “Ambilkan pakaian saya di laundry”
BOS nakal – “Ambilkan handuk saya di lemari”

Sekretaris baik – Waktu tertusuk jarum “Aww”
Sekretaris genit – Waktu tertusuk jarum “Ahh”

BOS baik – “Saya puas dengan pekerjaan kamu”
BOS nakal – “Saya puas dengan permainan kamu”

Sekretaris baik – Waktu sedang tertekan “Aduuh pusing”
Sekretaris genit – Waktu sedang tertekan “Aduuhhhhhhh”

BOS baik – Memperhatikan penampilan dan kerja sekretarisnya
BOS  nakal – Memperhatikan pakaian dan gaya sekretarisnya

Sekretaris baik – Pakaiannya mahal boros bahan
Sekretaris genit – Pakaiannya murah “ngirit bahan”

BOS baik – Suka berdoa
BOS nakal – Suka menelan ludah

Sekretaris baik – Tebar senyum
Sekretaris genit – Tebar pesona

BOS baik – Suka daun lalapan
BOS nakal – Suka daun muda

Sekretaris baik – “Nanti mau keluar Pak?”
Sekretaris genit – “Sudah mau keluar Pak?”

BOS baik – Memilih sekretaris dari pengalaman dan kemampuannya
BOS nakal – Memilih sekretaris dari jam terbang dan keahliannya

Sekretaris baik – “Keluarnya nanti lama Pak?”
Sekretaris genit – “Keluarnya masih lama Pak?”

BANYAK cara untuk menilai karakter asli seseorang. Cerita di atas adalah cara yang cukup sederhana untuk mengenali  tipe seseorang dalam kehidupan sehari-hari di sekitar aktifitas mereka…karena dari sinilah kita dapat melihat bentuk/tipe watak dan karakter seseorang.

Hipocrates menggolongkan manusia dalam empat jenis karakter, yaitu :
1. Sanguin : Pembicara
Orang sanguin sangat gampang dikenali. Dia adalah pusat perhatian. Dia selalu riang, ramah, bersemangat, suka bergaul/ luwes dan suka berbicara. Segala sesuatu yang dihadapi dianggap sangat penting hingga dilebih-lebihkan tapi selalu pula dapat dilupakan begitu saja. Inilah salah satu kejelekan mereka disamping tidak disiplin, tidak bisa tenang/gelisah, tidak dapat diandalkan dan cenderung egois.
2. Kolerik : Pemimpin
Seorang kolerik amat suka memerintah. Dia penuh dengan ide-ide, tapi tidak mau diganggu dengan pelaksanaannya sehingga lebih suka menyuruh orang lain untuk menjalankannya. Kemauannya yang keras, optimistik, tegas, produktif dipadu dengan kegemaran untuk berpenampilan megah, suka formalitas dan kebanggan diri menjadikannya seseorang yang berbakat pemimpin. Tapi karena dia juga senang menguasai seseorang, tidak acuh, licik, bisa sangat tidak berperasaan ( sarkastis) terhadap orang dekatnya sekalipun, akan menjadikan dia sangat dibenci.

3. Melankolik : Pelaksana
Segala sesuatu amat penting bagi dia. Perasaannya adalah hal yang paling utama. Justru karena itu dia melihat sisi seni sesuatu, idealis, cermat, dan amat perfeksionis. Kelemahannya ialah ia selalu berpikir negatif, berprasangka buruk, yang membuatnya khawatir, dan sibuk berpikir.
4. Flegmatik : Penonton
Orangnya tenang, lembut, efisien, kurang bergairah, tapi juga tidak gampang kena pengaruh. Orang-orang akan menyangka dia tidak berminat atau tidak tertarik disebabkan oleh lamanya dia mengambil tindakan atas sesuatu. Dia bertindak atas dasar keyakinannya bukan atas dorongan naluri. Suka melindungi diri, tidak tegas, penakut, kikir adalah kelemahannya.

Dari keempat temperamen diatas, seseorang mungkin memiliki suatu jenis kepribadian utama yang dipengaruhi oleh kepribadian lain. So, yang manakah kamu? Yang mana pula kepribadian temanmu? Cocokkan saja ciri-cirinya dan kamu akan siap menyesuaikan diri dengan orang lain.

TIPE-TIPE KARAKTER MANUSIA
Secara sederhana ada 4 tipe orang dalam menghadapi berbagai macam tekanan tersebut:

1. Tipe lempeng logam, tipe orang ini, pada awalnya seperti kuat menerima tekanan, seperti lempeng logam ini, tapi kalau tekanan itu diterimanya terus menerus maka lempeng logam ini akhirnya akan bengkok juga, artinya tipe orang ini awalnya dia bisa mengatasi tekanan yang datang, tapi bila tekanan itu terus menderunya lama lama ketahanan mentalnya berkurang, lama-lama dia menyerah, hingga akhirnya ada yang masuk kedalam keputusasaan, tapi tipe ini ada kelebihannya setidaknya dia bisa bertahan di fase awal sebelum dia menyerah, sebenarnya tipe orang ini bisa dibantu untuk meningkatkan ketahanan mentalnya, dengan sedikit bimbingan dan dorongan untuk terus maju dan pantang menyerah dalam menghadapi tekanan dengan membangkitkan jiwa menantang, bila kita dampingi terus tipe orang ini bisa berkembang menjadi lebih baik dan terus menjadi lebih baik, bila kesadaran dalam dirinya merasa tertantang untuk menghadapi semua kesulitan dan tekanan itu.
2. Tipe busa/gabus (sponge), tipe orang ini cukup baik dalam menerima tekanan, seperti halnya busa/gabus yang lentur, bisa menyesuaikan dirinya terhadap tekanan dan cepat kembali ke bentuk semula, tipe orang ini sangat fleksibel dalam menghadapi tekanan, dan umumnya tipe ini bisa bertahan dan lebih baik dalam mengatasi semua tekanan dan kesulitan.
3. Tipe cangkang telur, orang dengan tipe ini sangat rapuh, sedikit mengalami tekanan saja sudah patah arang, sering kali tipe ini mengalami stres dan bisa masuk ke dalam depresi hingga mendatangkan rasa putus asa, sebenarnya orang tipe ini bisa diperbaiki watak dan karakternya selama dia memiliki orang-orang terdekatnya yang selalu mendukung dan membantu semua kesulitannya, tidak seterusnya dia harus bergantung dengan orang lain, tapi kita bantu agar orang ini bisa menumbuhkan ketahanan mentalnya dengan menumbuhkan kepercayaan dirinya dari dalam, artinya dari kesadarannya sendiri, bila tipe orang ini mau berusaha dengan keras pasti dia bisa merubah watak dan karakternya ke arah menjadi lebih baik.

4. Tipe bola bekel atau bola pingpong, tipe orang ini sangat ideal dari pada semua tipe di atas, tipe ini sangat ekspresif terhadap tekanan, seperti bola bekel/pingpong ini, bila dibanting/ditekan makin terpantul ke sana kemari, artinya tipe orang ini tidak gampang menyerah, dia selalu mencari jalan keluar dalam setiap tekanan, bahkan tekanan yang didapatinya membuat dia lebih kreatif dan ekpresif untuk menghadapi semua tekanan dan kesulitan, biasanya orang dengan tipe ini bisa meraih kesuksesan di bidang yang digelutinya.
Dari keempat tipe yang sudah dipaparkan, termasuk yang manakah Anda? Tidak perlu risau jika Anda bukan tipe ideal seperti tipe bola bekel, tiap-tiap kekurangan bisa diperbaiki gradasinya. Kuncinya adalah harus sadar dulu akan kondisi Anda, dan buatlah kesadaran yg timbul dari dalam diri ini menjadi kekuatan untuk merubah grade menjadi lebih baik.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN KARAKTER MANUSIA
Tidak ada manusia yang sempurna, bisakah kita menerima hal ini?                                                                                                                            kelebihan dan kekurangan karakter manusia Tuhan ciptakan supaya manusia saling melengkapi,bekerja sama saling mengisi satu dengan yg lainnya dan bersama memelihara dunia ini…….

kekurangan orang lain bukan untuk dijadikan senjata melawannya melainkan untuk dipahami sebagai identitas seorang manusia yang normal. Atau boleh juga dimanfaatkan untuk menjadikan diri kita lebih bersinar….he…he…he….

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s