NAZAR


ULANGAN 23:21

Doa Lebay mengakibatkan kita jatuh dalam dosa

Tuhan Yesus, aku berjanji jika Engkau memberikan kekasih cantik dan baik hati maka aku akan menjaganya dan setia sampai maut memisahkan kita (narsis)…ujung-ujungnya setelah berapa tahun menikah disia-siakan karena ada yang lebih “greng”…..alasannya karena pasangan di rumah nggak macak (dandan) lagi….(cerita  sama temannya yang sekelakuan)…..akhirnya nazarnya tertunda bahkan mungkin terlupakan

Tuhan Yesus, kalau Engkau beri aku berkat yang melimpah maka aku berjanji  akan berbagi terhadap gereja dan sesama ku yang membutuhkan…nah, setelah Tuhan berikan dia lupa  lupa….asik ngajak teman, keluarga….nongkrong, belanja di mall… Akhirnya nzarnya tertunda dan mungkin terhapuskan

Tuhan Yesus, jika Engkau menyembuhkan aku  maka aku akan melayani Engkau….ujung-ujungnya waktu yang dia berikan untuk Tuhan 1%….pada akhrnya nazarnya pada Tuhan ketunda.

itulah contoh cerita orang-orang yang demikian lebaynya bernazar sama Tuhan….tapi setelah Tuhan mengabulkannya mereka terlena oleh bujuk rayu kenikmatan dunia atau mencari kepuasan batin mereka.

kita menganggap remeh nazar kita dengan Tuhan, kita cenderung mempermainkan nazar kita pada Tuhan, dan kita cenderung menunda-nundanya…..Kita lupa atau nggak mau tahu ( mungkin dalam hati mereka berkata; dosa urusan belakang)…bahwa Tuhan akan menuntut nazar kita dengan-Nya dan hal ini akan menjadi dosa buat kita….

Nama Ananias dan Safira dimunculkan karena bermuatan pesan kepada semua orang percaya agar mereka tidak melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan oleh Ananias dan Safira.

Kisah Para Rasul 5 : 3 … mengapa hatimu dikuasai iblis sehingga engkau mendustai Roh Kudus dan menahan sebagian hasil dari penjualan tanah itu ? Ananias BERJANJI akan memberikan semua hasil penjualan tanah tetapi kemudian berubah pikiran karena dikuasai iblis sehingga ia memberi sebagian dari penjualan tanah tersebut. Bagaimana Petrus dapat mengetahui bahwa Ananias dan Safira sudah membohonginya ? Tidak ada seorangpun yang memberitahu namun Roh Kudus yang memberitahu pada Petrus bahwa Ananias dan Safira sudah BERNAZAR akan memberi semua hartanya seperti semua orang yang memberi pada waktu itu….kita tau kan tentang cerita ini..dan apa yang terjadi dengan mereka…?

Kontemplatif

Apakah yang dimaksud “ NAZAR “ ? Nazar adalah janji untuk melakukan atau memberikan sesuatu pada Tuhan. Sifat dari nazar sangat mengikat artinya nazar itu harus dibayar karena Allah mendengar dan mengingat apa yang kita ucapkan bahkan akan menuntutnya kalau kita menundanya. Perhatikan Kejadian 31 : 13 saat Yakub tengah menghadapi permasalahan yang besar, Allah mengingatkan Yakub kembali tentang NAZAR nya kepada Allah 20 tahun yang lalu.

Jangan terburu – buru mengeluarkan kata – kata kepada Tuhan.

Apa yang sudah kita ucapkan kepada Allah, tidak mungkin dapat kita tarik kembali. Contoh : Hakim – Hakim 11 : 30 – 35, ketika peperangan sedang berlangsung, Yefta bernazar kepada Tuhan ; jika Engkau menyerahkan bani Amon ke dalam tanganku maka apa yang keluar dari pintu rumahku untuk menemui aku pada waktu aku kembali dengan selamat dari bani Amon, itu akan menjadi kepunyaan Tuhan dan aku akan mempersembahkannya sebagai korban bakaran.

Ayat 34 dan 35 mencatat pada saat ia kembali dari peperangan, anak perempuannya yang tunggal keluar menyongsong dengan rebana sehingga hal ini mendukakan hatinya. Namun ia tidak dapat MUNDUR, artinya tidak dapat menarik kata – katanya, ia harus membayar nazar yang telah ia ucapkan kepada Tuhan sekalipun sangat berat.

Jangan menunda – nunda artinya harus bersegera.

Ulangan 23 : 21 – 23, apabila kita bernazar maka janganlah kita menundanya untuk memenuhinya karena Tuhan ingat dan akan menuntutnya dari kita.

Nah tunggu apa lagi….cepat tepati janji kalian sama Tuhan, jangan menundanya….nanti kalau Tuhan murka…baru nyaho kalian….

Kata bijak 

Janji Tuhan sperti fajar pagi hari yang tiada terlambat bersinar

 

Created by: Martha belawati

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s