RANCANGANNYA TETAP TEGUH


Yeremia 27:16-22

Yeremia adalah seorang nabi yang luar biasa, karena dia berani menentang arus….dengan menyanggah dan dianggap palsu nubuat para rekannya……menyangkut pengembalian perkakas Bait Allah dan Istana Yehuda juga Yerusalem.

Penyanggahan Yeremia terhadap  sesama para nabi dalam menentang arus sangat riskan bahkan taruhannya nyawa….karena pada waktu itu Bangsa Israel sangat terpukul atas kekalahan mereka yang nota-bene adalah umat pilihan Allah. Mereka sangat terguncang karena bait Alah dihancurka dan perkakas dalam bait Allah dibawa ke Babel. Mereka merasa dilecehkan karena sebagai umat pilihan Allah dikalahkan manusia-manusia penyembah dewa.

Motivasi dari para nabi yang bukan utusan Allah sangat menggelorakan hati mereka untuk memperjuangkan kembalinya kedaulatan bangsa Israel sebagai umat pilihan Tuhan….di tengah situasi seperti itu…Yeremia dengan penuh keberanian dari Allah masuk dengan menyanggah nubuatan nabi palsu (tidak diutus Allah) dengan keberanian luar biasa.

kontemplatif

‎Bila Allah mengutus hamba-Nya untuk melaksanakan suatu tugas tertentu, Allah pasti akan melengkapi hamba-Nya tersebut dengan segala sesuatu yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas dengan baik.

“Keberanian bukan sekadar salah satu dari sifat baik, melainkan bentuk setiap sifat baik yang sedang diuji. ‎Hidup akan mengecil dan membesar tergantung keberanian kita.”

Sebenarnya apa bedanya kita dengan nabi Yeremia….di mata Tuhan kita sama-sama diciptakan, dibentuk dan dirancang ?

Keberanian adalah suatu sikap untuk berbuat sesuatu dengan tidak terlalu merisaukan kemungkinan-kemungkinan buruk. Aristotle mengatakan bahwa, “The conquering of fear is the beginning of wisdom. Kemampuan menaklukkan rasa takut merupakan awal dari kebijaksanaan.”

orang yang mempunyai keberanian akan mampu bertindak bijaksana tanpa dibayangi ketakutan-ketakutan yang sebenarnya merupakan halusinasi belaka. Orang-orang yang mempunyai keberanian akan sanggup menghidupkan mimpi-mimpi dan mengubah kehidupan pribadi sekaligus orang-orang di sekitarnya.

Pribadi yang bersembunyi dalam ketakutannya adalah “sekedar bayangan kehadiran”–Whizz Pad

Hanya diri kita yang mampu mengukur apakah keberanian kita cukup besar? keberanian kita secara garis besar dipengaruhi oleh 3 hal, yaitu visi (vision), tindakan nyata (action), dan semangat (passion). Ketiga hal tersebut mampu mengatasi rasa khawatir dan ketakutan.

Nabi Yeremia adalah “SANG DIVA” karena keberaniannya yang luar biasa menantang arus dan siap dengan segala resiko yang diambil serta percaya bahwa RANCANGAN ALLAH TAK TERGOYAHKAN  . Keberanian Yeremia menjadi siraman yang menyegarkan bagi kita dan rancangan masa depan.

Aplikatif

Kita adalah “Yeremia” di mata Allah. Kita memiliki berkat dan  rancangan yang sama dari Allah secara gratis dan tidak dapat diperjual belikan pada orang lain.

Tiap orang yang mau dituntun  Allah akan mengerti apa artinya memiliki gelora dan cinta kepada Allah. Ini bukan pengalaman di alam analisa atau intelek kita, tetapi ini pengalaman batiniah.

Kobaran cinta kepada Allah itulah suatu first love / kasih yang mula-mula. Tetapi waktu berjalan, tanpa sadar begitu banyak yang sudah kehilangan itu dalam hidupnya.

Kekristenan kita menjadi kekristenan penuh dengan intelek, aturan, dogma, dan kebiasaan belaka. Lalu semuanya jadi hambar, tanpa gelora, tanpa makna. Disitulah orang menjerit butuh lagi yang namanya Personal Revival. Sebab segala yang dibuat tanpa rancangan yang kokoh dari Tuhan  pada hakekatnya akan jadi suatu kewajiban dengan beban yang makin memberatkan.

Kesulitan yang menghampiri kita akan terselesaikan dengan taat kepada Allah. Karena rancangan Allah dalam hidup kita adalah damai sejahtera. Manusia dalam kesehariannya tidak luput dari persoalan yang datang silih berganti. Banyak masalah yang tidak dapat terselesaikan dengan mudah.

Sikap optimisme harus dikedepankan. Roma 8:28 menginspirasi kita bahwa sesungguhnya Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi kita. Namun semua itu haruslah sesuai dengan rencana Allah.

Rancangan Allah bagi manusia sangat mulia. Ia melakukan yang terbaik bagi kita karena kita begitu berharga di mata Allah. Allah tidak akan membiarkan kita terpuruk dalam kesusahan. “Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah Firman Tuhan, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberi-kan kepadamu hari depan yang penuh harapan” (Yeremia 29:11).

Ingatlah ini:  Tuhan Yesus itu sudah cukup bagi kita, karena rancangan-Nya  tiada bandingannya.

SENTUH HATIKU

BETAPA KUMENCINTAI
SEGALA YANG T’LAH TERJADI
TAK PERNAH SENDIRI JALANI HIDUP INI
SELALU MENYERTAI

BETAPA KUMENYADARI
DI DALAM HIDUPKU INI
KAU SLALU MEMBERI RANCANGAN TERBAIK
OLEH KARENA KASIH
REFF :
BAPA, SENTUH HATIKU, UBAH HIDUPKU
MENJADI YANG BARU
BAGAI EMAS YANG MURNI
KAU MEMBENTUK BEJANA HATIKU
BAPA, AJARKU MENGERTI SEBUAH KASIH
YANG SELALU MEMBERI
BAGAI AIR MENGALIR
YANG TIADA PERNAH BERHENTI

2 thoughts on “RANCANGANNYA TETAP TEGUH

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s