Berbahagialah orang yang mencari TUHAN-


Bahagianya orang yang hidup menurut Taurat TUHAN

Mazmur 119:1-6 Berbahagialah orang-orang yang hidupnya tidak bercela, yang hidup menurut Taurat TUHAN. 119:2 Berbahagialah orang-orang yang memegang peringatan-peringatan-Nya, yang mencari Dia dengan segenap hati, 119:3 yang juga tidak melakukan kejahatan, tetapi yang hidup menurut jalan-jalan yang ditunjukkan-Nya. 119:4 Engkau sendiri telah menyampaikantitah-titah-Mu, supaya dipegang dengan sungguh-sungguh. 119:5 Sekiranya hidupku tentu untuk berpegang pada ketetapan-Mu! 119:6 Maka aku tidak akan mendapat malu, apabila aku mengamat-amati segala perintah-Mu.

Intermezo
Mazmur 119 ini diberi judul “Bahagianya orang yang hidup menurut Taurat TUHAN”. Merupakan mazmur terpanjang dan pasal terpanjang di dalam Alkitab. Terdiri dari 176 ayat, yang dapat dibagi menjadi 22 seloka (=stanza), dimana masing-masing mempunyai 8 ayat. Setiap seloka dimulai dengan huruf Ibrani sesuai urutan abjad. Tiap ayat dalam satu seloka dimulai dengan huruf Ibrani yang sama. Dengan demikian, mazmur ini salah satu dari 9 mazmur yang mengikuti bentuk akrostik. Nama Allah “Yahweh/Yehowah” tertulis 24 kali.
 BERBAHAGIALAH

Apakah ada yang tersurat dan tersirat dari kata BERBAHAGIALAH….. Mungkin masih merapung dalam pengertian kita bahwa BERBAHAGIALAH itu kita samakan dengan BERSENANGLAH Karena kedua kata itu lawan dari kata KESEDIHAN yang memiliki arti yang bertolak belakang….Tetapi jika kita teliti KEBAHAGIAAN memiliki arti lebih dalam…

Dari beberapa survey yang saya lakukan  (lewat lamunan) : KEBAHAGIAAN itu ya gak sedih (itu  semua juga  tau)  . Atau  “KEBAHAGIAAN” itu perasaan yang diinginkan  setiap insan ” (Lamunanan ku makin seperti benang kusut), terus bedanya dengan KESENANGAN….mungkin KEBAHAGIAAN itu abadi…dan KESENANGAN itu sifatnya sementara….  (sepertinya lamunanku ilmiah)…. atau “KESENANGAN itu ada batasnya tapi BAHAGIA tidak ada batasan”. (dalam) BAHAGIA itu tergantung dengan masing-masing pemikiran seseorang tidak ada yang sama….nah lho…. (lamunan ku makin ruwet).

Mengapa manusia lebih memilih kebahagiaan yang semu dari pada KEBAHAGIAAN yang ditawarkan Tuhan dengan beberapa syarat…Atau syarat yang diajukan Tuhan memberatkan manusia atau kalau  melakukan perintah Tuhan maka hidup kita miskin atau pas-pasan?  Dunia ini menawarkan kebahagiaan yang semu..yang hanya memuaskan keinginan pribadi manusia, misalnya:  karier, materi yang berlebihan, menjadi orang terkenal,harga diri,status,  dan lain-lainnya (kalau ada yang mau nambah silahkan), dengan cara yang mudah, instan bahkan mungkin lewat jalan pintas  atau jalan tol bebas hambatan (ngaku nggak kalian yang baca renungan ini)….berarti ini adalah KESENANGAN.

Tuhan menawarkan kebahagiaan yang sesungguhnya. Kebahagiaan yang dirancang oleh Tuhan sangat realistis dan mendatangkan SYALOM. Kebahagiaan hidup akan kita alami ketika kita hidup sesuai dengan firman Tuhan.

kebahagiaan sejati

Dalam realita hidup yang menderita ini manusia mengimpi-impikan adanya suatu kebahagian. Banyak orang yang hidupnya mencari bahagia. Ada orang yang memikirkan bahwa bahagia akan didapatkan bila ia mempunyai harta yang banyak. Tetapi kenyataan di dalam hidup adalah ketika banyak harta justru ada kekuatiran.   Banyak target yang manusia ingin raih supaya hidup itu bahagia. Ada yang dengan mencari kebahagian dalam status sosial, kedudukan dan pangkat, pasangan hidup, pengalaman hidup, kepandaian. Apakah  semua ini  membawa manusia bahagia?

Lalu bahagia sejati itu apa ?

Bahagia sejati itu hanya ada di dalam Tuhan dan di dalam FirmanNya.
Berikut ini akan diberikan list mengenai arti bahagia dari Firman Tuhan. Bahagia di dalam Firman Tuhan dapat diartikan juga diberkati ( blessed ).

Mazmur 1:1-3 Berbahagialah orang yang tidak berjalan menurut nasihat orang fasik, yang tidak berdiri di jalan orang berdosa, dan yang tidak duduk dalam kumpulan pencemooh, 2. tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam. 3. Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil.

Ayat emas:

Yeremia 29:11
Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.

GORESAN EMAS

PUJANGGA BERTUTUR NYATA

Aku ingin memadahkan mata hati dengan tutur
Ujar para insan,  orang yang sedang luruh cinta bisa bertutur sastra

Aku luruh dalam cinta..

Waktu  ku tahu Dia selalu tersenyum untukku

Waktu ku tahu dengan diam Dia memperhatikanku

Waktu ku tahu Dia  menganggapku berharga

Dulu..

Aku  memberetkan tutur-tutur durja untuk-Nya
Separoh lembar hatiku  menimbang  kecewa karena kesah

kini….

Kelembutan dan kasih-Nya Dapat menggapaiku

Setelah ku luruhkan kebekuan hatiku

Kata bijak

Hiduplah berarti bagi-NYA dan sesamamu


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s