“kawin monyet”—-(humor GPIB)


pagi-pagi ibu pendeta sudah sarapan kasus pastoral.  Seorang perempuan muda dan ibu yang sudah agak tua datang ke pastori;

Selamat pagi bu…maaf menganggu bu……(saya) oh ya…. silahkan masuk, ada yang bisa saya bantu bu?… sbb:

perempuan : begini bu, kedatangan saya mau minta surat keterangan bahwa saya sudah cerai, karena dulu saya menikah di sini (GPIB SION) juga di catatan sipil. Saya butuh surat itu untuk ngurus Akte kelahiran anak saya dari suami pertama…sekarang saya sudah KAWIN lagi.

saya : oh begitu, begini bu,…greja hanya memberkati pernikahan aja…..untuk surat keterangan CERAI, gereja tidak akan pernah membuatnya karena ; apa yang sudah disatukan Tuhan tidak dapat diceraikan lagi….Ibu lupa….

Perempuan : oh nggak, eee… maksudnya, saya ingin minta persetujuan dari ibu, nanti kami yang membuat suratnya…

Saya : oh begiut…baru kali ini konselor bingung (dalam hati),  ibu, gereja bisa membantu jika, misalnya; surat nikah ibu hilang …itu greja bisa memberi surat keterangan….nah kalau ibu minta persetujuan dari saya (mungkin muka saya mirip ibu nya kali)…mana mungkin

Perempuan : anu, eee, gini lo bu….saya kan sudah cerai dan kami masing sudah kawin lagi…..saya butuh persetujuan dari ibu, supaya saya bisa ngurus akte kelahiran karena anak saya mau sekolah

saya : (apa mungkin mereka hidup di hutan…terisolasi)……Yaitulah ibu, sekali lagi….. greja tidak bisa membantu bisa membantu. (penasaran) Ibu dengan suami baru  menikah di greja mana ?

perempuan : Saya belum kawin greja juga pemerintahan…

Saya: (nah loh, mungkin bener ne dia kawin ala monyet)….berarti ibu belum nikah dong…….. terus ibu belum cerai…..yang begini ne bu akhirnya menyulitkan ibu sendiri …..Ibu sebaiknya mengurus di pengadilan  saja…kalau dah beres ibu sebaiknya nikah lagi baik di greja juga catatan sipil baru ibu bisa buat surat …KK,Akte kelahiran anak ibu, dsb.

perempuan :oh begitu ya bu pendeta, tapi kok saya saya masih bingung bingung …./

Saya : (kalo bingung pegangan…..mungkin perempuan ini hidup di hutan terlalu banyak kumpul sama orang hutan, mungkin saya harus belajar bahasa orang hutan….haha)…..iya bu…dan  ini pembelajaran lain kali kalau memutuskan segala sesuatu…ibu pikir dulu masak2 (jangan masih mentah dah dipetik)

Intermezo :

e… jemaat yang saya kasihi dalam Tuhan Yesus….inga….inga…Apa yang sudah disatukan “TUHAN TIDAK DAPAT DI CERAIKAN LAGI TITIK NGGAK PAKAI KOMA”…kalau dalam rumah tangga kristen sampai terjadi perceraian itu sama dengan  kalian”KAWIN MONYET”

Created by: Martha Belawati T

 

 

Iklan

3 pemikiran pada ““kawin monyet”—-(humor GPIB)

  1. Bagaimana jika anda punya suami dan suami anda punya wanita simpanan (Suami anda sudah tidak mencintai anda lagi melainkan perempuan lain – TITIK)? Apakah anda masih tetap mencintai suami anda? Think thank….

    1. Cinta yang tulus datangnya dari hati, jika cinta kita didasari TAKUT AKAN TUHAN dan saling melengkapi satu dengan yg lainnya cinta itu pasti berakar kuat ….kalau dalam kehidupan rumah tangga terjadi seperti yang ibu tanyakan ya walahualam, kita intropeksi diri kita sebagai keluarga…..apa yang salah?, apa yang kita perbuat?, kenapa kok jadi begini?
      Menyatakan cinta itu gampang banget, besok nikah juga bisa…kenapa nggak!?, tapi sadar nggak, kalau masing2 kita punya “topeng”/”persona” dalam arti keburukan masing2 …sudah nggak kita tanggalkan dan sama2 tau keburukan masing2 ….dan masing2 mau terima kekurangan dan saling menutupi…kalau tidak jangan kita berharap rumah tangga kita akan langgeng……GBU

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s