Menyembuhkan luka hati


“Untuk meraih ketenangan hati , kita harus mampu menjaga hati kita”-Donny 

Setiap manusia pasti pernah merasakan luka hati, dan ada banyak macam luka hati, misalnya: karena dihina, ditolak oleh lingkungan sekitar karena kelemahan yang ada dalam diri kita, dan masih banyak penyebab luka hati   lain yang belum saya tulis.

Jika seseorang diperhadapkan dengan luka hati, pertama-tama biasanya ada yang  pasrah saja, memiliki mentalitas rapuh atau “pemalu akut”. Misalnya; “Saya memang tidak layak,  mereka tidak mau menerima kekurangan saya. Mereka tidak mau bergaul karena saya “BM & BB” (bau mulut dan bau badan) abadi,  Saya tidak tahu harga diri saya taruh di mana?.Lebih baik saya pergi membawa hati yang terluka ini dan kusimpan di bawah bantal.

Bisa juga orang seperti itu “mengambil jalan pintas”. Dan perlahan tapi pasti mereka akan menghilang dari lingkungan yang buat mereka bermasalah. Itulah yang terjadi disekitar hidup kita

Reaksi kedua: luka hati membuat mereka memiliki “mentalitas yang kebablasan”, ngamuk-ngamuk nggak jelas dan seseorang condong akan membalas dendam, misalnya; “Enak saja dia merendahkan saya. Saya ini masih punya harga diri. Awas, lihat, saya akan balas kamu dengan cara saya.

Reaksi yang ketiga, walaupun dia merasa terluka tetapi dia memiliki “mentalitas top-markotop”, seseorang yang tidak mau menyimpan racun dalam pikiran,hati, dan tubuh, karena dia tahu semua itu akan menambah penderitaan.

Alangkan tragisnya bila seseorang terkena “racun”, ia tidak dapat berbuat apa-apa, tubuhnya menjadi lunglai, dan tak menutup kemungkinan “racun” itu membunuh mereka jika terus-menerus bersarang di hati mereka ?

Menyimpan luka hati  “dapat membusuk dan bernanah”, karena selalu menyimpan dendam selama hidupnya dan tak mudah mengampuni…dan racun-racun ini akan menggerogoti kita jika tak segera dibuang ke tempat sampah. Mendendam tidak akan membuat seseorang damai secara batiniah.

Cara mengatasinya, seseorang harus berbesar hati mau melihat bahwa tak selamanya perjalanan hidup berjalan mulus. Hidup ini hanya sementara, ngapain hati kita dihiasi dengan luka ?. sembuhkan  dan berkaryalah untuk menjadikan hidup ini lebih indah dan tuntaskan,bersihkan racun dalam hati dan pikiran.

By: Martha Belawati

Tinggalkan Balasan

