Akibat suatu kejahatan—Sabtu, 11/8-2012…Pelkat. GP


Hakim-hakim 20: 45-48

Konteks

45 Yang lain berpaling lari ke padang gurun, ke bukit batu Rimon. Tetapi di jalan-jalan raya masih diadakan penyabitan susulan di antara mereka: lima ribu orang; mereka diburu sampai ke Gideom dan dipukul mati dua ribu orang dari mereka. 46 Maka yang tewas dari suku Benyamin pada hari itu seluruhnya berjumlah dua puluh lima ribu orang yang bersenjatakan pedang, semuanya orang-orang gagah perkasa. 47 Tetapi enam ratus orang berpaling lari ke padang gurun, ke bukit batu Rimon, dan tinggal empat bulan lamanya di bukit batu itu. 48 Tetapi orang-orang Israel kembali kepada bani Benyamin dan memukul mereka dengan mata pedang, baik manusia baik hewan dan segala sesuatu yang terdapat di sana. Juga segala kota yang terdapat di sana mereka musnahkan dengan api.
Intermezo
Jika kita lihat  dan membaca masmedia tentang Generasi muda sekarang ini bisa dikatakan generasi yang kehilangan identitas diri. Tidak ada generasi manapun di dalam sejarah yang dengan hebatnya dilanda oleh wabah seks, obat bius, minuman keras, keserakahan, pembunuhan dan bunuh diri, depresi dalam usia yang semakin muda seperti sekarang ini.
Kejahatan yang berkembang di masyarakat itu dapat terjadi di mana saja, kapan saja, dan dalam bentuk atau jenis kejahatan yang beragam, dan dilatarbelakangi oleh faktor-faktor yang memiliki keterkaitan dengan tempat, waktu dan jenis kejahatan tersebut. Berdasarkan hasil penelitian, beberapa pakar menunjukkan bahwa kejahatan dapat terjadi karena proses dan situasi tertentu sehingga mendorong orang untuk melakukannya
kejahatan adalah suatu hal yang normal di dalam masyarakat. Dengan kata lain, masyarakat tidak akan mungkin dapat terlepas dari tindak kejahatan karena kejahatan itu sendiri terus berkembang sesuai dengan kedinamisan masyarakat
Setiap orang tahu bahwa sesuatu yang mengerikan sedang terjadi pada angkatan generasi muda jaman ini. Kejahatan dan kekerasan telah menjadi suatu hal yang biasa, sehingga banyak gedung sekolah dan universitas-universitas yang dilengkapi dengan alat pendeteksi senjata. Tawuran antara siswa dengan menggunakan berbagai alat untuk mempersenjatai diri mereka. Para mahasiwa dalam demo-demo anarkisnya merusak fasilitas umum, dan lain-lain. Dalam tindakan kejahatan pasti ada korban.
Akibat kejahatan
Akibat dari kejahatan, Jika dibiarkan berlarut akan menghasikan malapetaka,bala, bencana dan geruh-gerah . Berapa banyak korban yang jatuh dalam perang saudara ini baik dipihak Israel dan khususnya di pihak Benyamin. Tidak hanya manusia yang dibunuh, tapi juga makhluk hidup yang ada di daerah pemukiman suku Benyamin. Ratap dan isak tangis karena mereka kehilangan sanak famili mereka yang menjadi korban peperangan karena kejahatan.
Siapapun tidak dapat merenggangnya, memencilkannya dan menyisihnya, karena kejahatan berasal dalam diri manusia. Jika tidak ada self kontrol dalam diri , kitalah yang jadi korban. Karena itu jangan pernah berbuat jahat. menggeliciklah  dari si  jahat.
Kejahatan yang berkembang di masyarakat itu dapat terjadi di mana saja, kapan saja, dan dalam bentuk atau jenis kejahatan yang beragam, dan dilatarbelakangi oleh faktor-faktor yang memiliki keterkaitan dengan tempat, waktu dan jenis kejahatan tersebut. Berdasarkan hasil penelitian, beberapa pakar menunjukkan bahwa kejahatan dapat terjadi karena proses dan situasi tertentu sehingga mendorong orang untuk melakukannya
Jika ingin masa muda kalian ada dalam damai sejahtera, hiduplah selalu dekat dengan Tuhan. Kita harus memiliki sebuah akad, prasetia untuk selalu berbuat yang benar dihadapan Tuhan.
Perenungan
Generasi muda gereja adalah generasi yang menjadi pancang gereja yang begitu penting dipandang dalam berbagai konstituen yang ada. Karena generasi  muda adalah generasi yang  cukup inventif atau profitabel untuk melakukan banyak hal. Masa muda adalah masa dimana titik balik dalam meniti karir .  Menjadi tugas dan tanggungjawab kita sebagai anak-anak muda yang hidup didalam Kristus, untuk menjadi garam dan terang bagi generasi muda sekarang ini. Jadi mari kita gunakan masa muda kita dengan sebaik-baiknya, karena sebuah kesempatan tidak selalu datang untuk yang kedua kalinya.

Sejauh mana engkau mau Tuhan campur tangan dalam hidupmu, maka sejauh itulah Dia akan campur tangan dalam hidupmu…

God is too wise that He created friends without “price tags” coz if He did, I can’t afford to buy a luxalary expensive friend like “U”

Penyesalan sehari bila masak nasi menjadi bubur, penyesalan sebulan bila salah potong rambut, penyesalan setahun bila tidak lulus, penyesalan seumur hidup bila salah pilih pasangan hidup, penyesalan selamanya bila salah pilih JURU SELAMAT. Maka janganlah pindah ke iman yang lain selain Tuhan Yesus. 

“Seperti anak-anak panah di tangan pahlawan, demikianlah anak-anak pada masa muda.”Mazmur 127:4

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s