Kuasa dari kata-kata- Tema Minggu, 19/8-2012


cokelat-benderaYakobus 3:1-6

1 Saudara-saudaraku, janganlah banyak orang di antara kamu mau menjadi guru  ;   sebab kita tahu, bahwa sebagai guru kita akan dihakimi  menurut ukuran yang lebih berat. 2 Sebab kita semua bersalah   dalam banyak hal; barangsiapa tidak bersalah dalam perkataannya, i  ia adalah orang sempurna,  yang dapat juga mengendalikan seluruh tubuhnya. 3 Kita mengenakan kekang pada mulut kuda, sehingga ia menuruti kehendak kita, dengan jalan demikian kita dapat juga mengendalikan seluruh tubuhnya. 4 Dan lihat saja kapal-kapal, walaupun amat besar dan digerakkan oleh angin keras, namun dapat dikendalikan oleh kemudi yang amat kecil menurut kehendak jurumudi. 5 Demikian juga lidah, walaupun suatu anggota kecil dari tubuh, namun dapat memegahkan  perkara-perkara yang besar. Lihatlah, betapapun kecilnya api, ia dapat membakar hutan yang besar. 6 Lidahpun adalah api ;  ia merupakan suatu dunia kejahatan dan mengambil tempat di antara anggota-anggota tubuh kita sebagai sesuatu yang dapat menodai seluruh tubuh  dan menyalakan roda kehidupan kita, sedang ia sendiri dinyalakan oleh api neraka.  

Intermezocokelat-bendera

Yang dimaksut kategori  di sini adalah gembala, pemimpin gereja, misionaris, pengkhotbah atau siapa saja yang memberikan pengarahan kepada jemaat. Seorang guru harus mengerti bahwa tidak ada orang yang mempunyai tanggung jawab lebih besar daripada mereka yang mengajarkan Firman Allah.

Penekanan pada pengekangan lidah mengandaikan penguasaan diri secara menyeluruh.  lidah adalah salah satu alat diagnostik yang digunakan dalam pengobatan Cina untuk mengukur keadaan kesehatan seseorang. Jika Anda ke seorang sinseh, ia seringkali akan meminta Anda untuk menjulurkan lidah Anda untuk ia periksa. Kepada orang yang tidak berpengalaman, ini bukan suatu hal yang berarti. Tetapi kepada seorang dokter yang berpengalaman, warna dan bentuk lidah Anda menyingkapkan banyak hal tentang kondisi kesehatan Anda.  Di tingkat spiritual, Kata-kata yang lazim Anda ucapkan secara langsung menggambarkan kondisi spiritual Anda. Sebagai contoh, saat Anda marah dengan seseorang, Anda akan secara natural mengungkapkan ketidak-puasan Anda terhadap orang itu setiap kali Anda berbicara mengenainya. 

Coba anda bayangkan lidah kita itu panjangnya hanya 3 inci nggak sepanjang lidahnya “Bleki”, tetapi mempunyai kuasa dan dampak yang sangat besar (bukan karena faktor dijilat loh). Para rabi Yahudi juga menyadari tentang bahayanya kuasa lidah. Mereka berkata, ‘dosa karena fitnah itu lebih parah dari dosa pembunuhan.’   Ada pepatah usang ; Fitnah lebih kejam daripada pembunuhan.

Jadi sebagai guru ( gembala, pemimpin gereja, misionaris, pengkhotbah) atau siapa saja yang memberikan pengarahan kepada jemaat ada tuntutan harus menjaga lidahnya, karena lidah mempunyai kekuatan untuk membinasakan hidup. Lidah itu seperti api. Ia akan membinasakan orang lain dan pada akhirnya membinasakan diri kita sendiri jika kita tidak dapat menguasainya. Banyak diantara kita anak-anak Tuhan, Tidak menggunakan fisik untuk membalas orang yang menyakiti mereka secara fisik Tetapi, mereka menggunakan lidah mereka untuk membalas. Mereka akan menggunakan kata-kata untuk menyakiti orang lain atau mereka akan memfitnah orang di belakang.

1 Petrus 3:10- “Siapa yang mau mencintai hidup dan mau melihat hari-hari baik, ia harus menjaga lidahnya terhadap yang jahat dan bibirnya terhadap ucapan-ucapan yang menipu…dst”

Coba kita menghitung  berapa kali dalam 1 hari kita telah menggunakan lidah bibir kita dengan benar? Saya pribadi mengakui bahwa sulit sekali mengendalikan lidah dari perkataan yang sia-sia  Dan masih banyak lagi yang kadang tanpa saya sadari sering saya ucapkan. Siapa yang bisa bertahan ditengah-tengah amukan “Si Jago Merah” ?

Seperti Titik Api di musim kemarau, jika tidak segera dipadamkan, bisa berakibat buruk; Itulah LIDAH

Apakah kita perlu  Minta Tuhan kirimkan malaikatNya untuk berjaga di pintu gerbang mulut kita untuk memperingatkan kita atau menahan setiap perkataan jelek dan tidak baik yang akan keluar…:)

Kontemplatif

LIDAH bisa baik, bisa juga membahayakan, benar bisa disalahkan, yang salah juga bisa dibenarkan. LIDAH Presiden,   Koruptor, Hakim, pendeta,  Guru,  Ibu,  Bapak,  Anak-anak…banya banget dah :); Semua orang menggunakan LIDAH untuk berkata-kata.

Tanpa LIDAH; mulut tidak mampu berbohong, mulut tidak mampu menghakimi, mulut tidak mampu menghujat, mulut tidak mampu memaki-maki, mulut tidak mampu mengucapkan Nama Tuhan dengan   Sia-sia…kalau masih ada silahkan ditambah lagi…capek ngetiknya :)…Setiap hari dalam kehidupan kita  akan selalu dihiasi dengan sejuta satu pembicaraan, jadi WASPADALAH !

Di hari peringatan kemerdekaan negara kita Indonesia ini,  Kita melihat kondisi bangsa yang carut marut terkadang membuat kita mengucapkan banyak sumpah serapah. Mulai dari tentang ketidakadilan, korupsi,  bahkan PILKADA di ibu kota yang menhembuskan isu SARA (kita mungkin banya membaca posting-posting dan komentar-komentar yang marah,caci maki, dan lainnya. Kita harus menyadari keluhan dan caci maki tidak membuat bangsa kita semakin baik? , Lidah Anda mempunyai kuasa!

Tuhan tidak pernah memaksa kita harus capek-capek ngurusin  bangsa kita. karena  setiap orang mempunyai kehendak bebas. Tetapi tuhan memberi tanggung jawab pada  kita untuk melakukan apa yang benar dan menjadi teladan. Saya yakin anda mengawali keteladanan orang-orang dalam lingkungan Anda pasti mulai berubah, Berdoalah untuk Indonesia  , dengan perkataan dan perbuatan Anda?

Kuasailah lidah kita, hindari perkataan yang sia-sia. Tetapi berusaha dan belajarlah  mengeluarkan kata-kata yang berhikmat.  

“So, just watch your tongue”

By: Martha belawati

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s