(3 idiots Rancho teacher www.youtube.com Rancho as a teacher)


3 idiots Rancho teacher www.youtube.com Rancho as a teacher

Hidup adalah perlombaan –  (Message from Heaven 9)

“Tidak tahukah kamu, bahwa dalam gelanggang pertandingan semua peserta turut berlari, tetapi bahwa hanya satu orang saja yang mendapat hadiahnya? Karena itu larilah begitu rupa, sehingga kamu memperolehnya!” 1 Korintus 9:24

Sinopsis Film 3 Idiot

3 idiots menceritakan sebuah kisah persahabatan 3 orang mahasiswa teknik mesin di India yang memulai jenjang kuliahnya di universitas nomor 1 di negerinya. dikisahkan 3 orang ini bernama Rancho, Farhan, dan Raju. Mereka adalah teman satu kamar di asramanya semenjak hari pertama menjejakkan kaki di universitas tersebut.Farhan dan Raju adalah mahasiswa biasa yang nilainya pun pas-pasan. Sedangkan dikisahkan seorang Rancho adalah seorang mahasiswa yang jenius dan selalu mengaplikasikan ilmu yang telah dia dapat sebelum maupun saat dia pelajari sewaktu kuliahnya.

Mereka  memiliki ikatan persahabatan yang erat, hingga akhirnya dalam sebuah perjalannya mereka bertemu dengan Pia. Pia, adalah seorang mahasiswi kedokteran yang selidik punya selidik adalah anak dari rektor universitas ketiga sahabat ini. Sejak awal, sang rektor, yang mendapat julukan “Virus” dari mahasiswanya merupakan dosen yang sangat kaku, kejam, intolerir, namun pintar. Dalam sebuah kesempatan, Rancho, mengkritik sistem pengajaran yang dilakukan di dalam kampusnya. Mr. Viru tidak terima dengan kritikan Rancho, dan sejak saat itu, sang rektor yang bergelar “Virus” menjadi peran antagonis dalam film ini.

Sebuah kritik yang dilontarkan Rancho adalah bahwa universitas ICE (Imperial College Engineering)  hanya menghasilkan insinyur – insinyur yang hanya pintar bicara, tidak ada topik mengenai penemuan baru tiap harinya, bahkan penemuan baru yang dihasilkannya tiap tahun. Dia mengkritisi  metode pengajaran hanya mementingkan nilai yang sangat bagus dari para mahasiswanya, namun belum tentu mahasiswanya mampu mengaplikasinya ilmunya tersebut. Bahkan hanya menghasilkan lulusan yang  bekerja pada perusahaan asing dengan gaji besar.  Rancho melihat Universitasnya tidak mengajarkan ilmu yang bisa diaplikasikan, hanya nilai yang dipacu .

Rancho selalu berkata pada 2 sahabatnya untuk selalu menjadi diri sendiri, tidak atas dasar paksaan dari orang lain. karena kebahagian datang saat kita menikmati setiap langkah yang kita ambil, kemudian kesuksesan akan menjadi ekses dari langkah kita tersebut. Singkat cerita  akhirnya  mereka pun lulus kuliah dengan Rancho sebagai mahasiswa terbaik di kampus tersebut. Farhan akhirnya menjadi seorang fotografer profesional, meninggalkan dunia teknik, Raju menjadi salah satu direktur perusahaan asing di India,dan satu lagi kawannya bernama Chatur yang sebelumnya tidak disebutkan (dia adalah saingan Rancho untuk mencapai peringkat mahasiswa terbaik di ICE) menjadi seorang pengusaha sukses yang punya mobil Lamborghini, Tetapi Chatur menjadi bawahannya  Rancho Chanchad yang menjadi bos besarnya.

Cerita ini mengajarkan : bahwa nilai akademik bukanlah segalanya. bahwa status tidaklah penting. bahwa ijazah bukanlah hal yang harus anda raih

Otak kita akan berfungsi jika  digunakan dengan baik dan benar. Tuhan menganugrahkan kita sebuah otak, diharapkan untuk berpikir. Jangan hanya didiamkan saja menunggu orang lain mengaktifkannya. karena kebahagian yang sejati datang saat kita menikmati setiap langkah yang kita ambil tanpa paksaan orang lain. Sebab itu kita dituntut melatih otak kita untuk berpikir dan memaksimalkan daya dan fungsinya, sehingga lama-kelamaan akan menjadi sebuah habit.

Jangan anggap remeh diri Anda, jangan pernah berkata ; saya tidak berpengalaman, saya hanya lulusan SLTA, saya orang miskin. HAti-hati anda menyematkan label ini pada diri Anda sebab jika label itu sudah menempel, orang lain akan menganggap itu benar adanya. Hormati dan hargai diri Anda karena dengan begitu Anda menghargai Tuhan yang menciptakan anda, fokus pada kelebihan diri Anda. Bangunlah sebuah sikap yang penuh kasih terhadap diri Anda karena disitulah akan muncul kepercayaan diri. Kita harus memiliki mental seorang pemenang. Karena para pemenang selalu mengarah ke hal yang positif,bertindak positif,berkata yang positif tentang diri mereka. kerahkan potensi yang anda miliki, karena anda harus berjuang dan menyelesaikannya sampai garis finis. Bahwa nilai akademik bukanlah segalanya. bahwa status tidaklah penting. bahwa ijazah bukanlah hal yang harus anda raih.

Sama dengan sukses dalam hidup beriman memerlukan persiapan dan ketekunan. Seperti mengikuti sebuah perlombaan, peserta akan gagal jika tidak melakukan persiapan yang baik. Persiapan terbaik dalam perlombaan iman adalah membuang semua beban dan dosa penghalang dalam “tong sampah” dan menerima Yesus sebagai Juruselamat. Seorang pelari tidak akan mencapai akhir perlombaan jika tidak tekun, terus berlari, walaupun berat . Ketahanan dalam ketekunan iman hanya mungkin dimiliki ketika seorang memiliki motivasi yang terarah kepada Kristus, bukan reputasi diri, sebab hidup beriman ibarat berlari dalam penderitaan. Tetapi, inilah konsekuensi dari pilihan itu. Selamat berlomba di dalam perlombaan iman.

“Hidup adalah sebuah perlombaan,  Anda harus mempersiapkan diri  dan berlatih terus menerus untuk mencapai garis finis sebagai pemenang” 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s