Lidah yang memuji Tuhan (Tema Rabu,29/8-2012)


Bacaan: Mazmur 35: 27-28

27 Biarlah bersorak-sorai dan bersukacita orang-orang yang ingin melihat aku dibenarkan!  Biarlah mereka tetap berkata: “TUHAN itu besar, Dia menginginkan  keselamatan hamba-Nya! 28 Dan lidahku akan menyebut-nyebut keadilan-Mu,  memuji-muji Engkau sepanjang hari. 

LIDAH bisa baik, bisa juga membahayakan, benar bisa disalahkan, yang salah juga bisa dibenarkan. LIDAH Presiden,   Koruptor, Hakimpendeta,  Guru,  Ibu,  Bapak,  Anak-anak…banya banget dah :) ; Semua orang menggunakan LIDAH untuk berkata-kata.

Intermezo

Mazmur dari Daut ini menggambarkan kekuatan hati seornag yang taat di hadapan Tuhan.  Memohon pertolongan pada Tuhan bukan semata-mata sebagai orang yang pesakitan tetapi sebagai orang yang mengajukan ketidakadilan kepada Tuhan dan dia bersaksi atas kebenaran dirinya. Jadi melalui nats ini kita belajar bahwa ketika kita mengalami ketidakadilan maka kita semestinya meminta pertolongan pada Tuhan karena Tuhanlah yang akan menyatakan keadilannya seadil-adilnya dan kita menghadap Tuhan dengan berani karena kita tahu kita di pihak kebenaran.Seringkali kita gagal menegakkan keadilan karena hati kita tidak sungguh-sungguh memegang keadilan Tuhan.

kuasa lidah manusia sangatlah luar biasa, dan sangat berperan dalam kehidupan manusia. coba kita baca dan renungkan Firman Tuhan ini:

 Biarlah TUHAN mengerat segala bibir yang manis dan setiap lidah yang bercakap besar,  dari mereka yang berkata: “Dengan lidah kami, kami menang! Bibir kami menyokong kami! Siapakah tuan atas kami?” (Mazmur 12:4-5)
 Engkau mencintai segala perkataan yang mengacaukan, hai lidah penipu! (Mazmur 52:4)
 Apakah yang diberikan kepadamu dan apakah yang ditambahkan kepadamu, hai lidah penipu? (Mazmur 120:3)

Lidah orang benar seperti perak pilihan, tetapi pikiran orang fasik sedikit nilainya. (Amsal 10:20)
 Mulut orang benar mengeluarkan hikmat, tetapi lidah bercabang akan dikerat. (Amsal 10:31)
 Ada orang yang lancang mulutnya seperti tikaman pedang, tetapi lidah orang bijak mendatangkan kesembuhan. (Amsal 12:18)
 Bibir yang mengatakan kebenaran tetap untuk selama-lamanya, tetapi lidah dusta hanya untuk sekejap mata. (Amsal 12:19)
 Lidah orang bijak mengeluarkan pengetahuan, tetapi mulut orang bebal mencurahkan kebodohan. (Amsal 15:2)
 Lidah lembut adalah pohon kehidupan, tetapi lidah curang melukai hati. (Amsal 15:4)

 Hidup dan mati dikuasai lidah, siapa suka menggemakannya, akan memakan buahnya. (Amsal 18:21)
 Memperoleh harta benda dengan lidah dusta adalah kesia-siaan yang lenyap dari orang yang mencari maut. (Amsal 21:6)
 Dengan kesabaran seorang penguasa dapat diyakinkan dan lidah lembut mematahkan tulang. (Amsal 25:15)

Betapa luar bisa banyak nya Ayat yang berbicara tentang lidah.   Lidah memiliki kuasa bisa merusak bahkan mematikan tetapi lidahpun memiliki kuasa yang luar biasa (positif).   Ada orang sukses hanya modal lidah/perkataan baik untuk yang positif maupun untuk hal-hal yang negatif.

Demikian juga lidah, walaupun suatu anggota kecil dari tubuh, namun dapat memegahkan perkara-perkara yang besar.  Manusia tidak mampu/tidak dapat menguasi lidahnya. Tetapi dengan lidah pula Anda dapat  memuji, memuliakan, dan mengagungkan Tuhan.

Manusia dapat menimbang-nimbang dalam hati, tetapi jawaban lidah berasal dari pada TUHAN.(Amsal 16:1)
Tetapi TUHAN berfirman kepadanya: “Siapakah yang membuat lidah manusia, siapakah yang membuat orang bisu atau tuli, membuat orang melihat atau buta; bukankah Aku, yakni TUHAN? ( Keluaran 4:11)

Kontemplatif     


Lidah bisa diibaratkan bagaikan sebuah kemudi yang kecil dapat mengendalikan arah dan tujuan sebuah kapal yang besar.Jika lidah kita mengucapkan Perkataan yang positif akan memberikan dampak yang positif juga bagi hidup kita, apalagi jika kita memperkatakan Firman Tuhan dalam bentuk pujian dan memuliakan namaNya.

Mulut orang benar adalah sumber kehidupan, tetapi mulut orang fasik menyembunyikan kelaliman. ” Ams 10:11

Lidah lembut adalah pohon kehidupan, tetapi lidah curang melukai hati. ” Ams 15:4

Siapa memelihara mulut dan lidahnya, memelihara diri dari pada kesukaran. ” Ams 21:23

Jadi melalui nats ini kita belajar bahwa ketika kita mengalami ketidakadilan maka kita semestinya meminta pertolongan pada Tuhan karena Tuhanlah yang akan menyatakan keadilannya seadil-adilnya dan kita menghadap Tuhan dengan berani karena kita tahu kita di pihak kebenaran.Seringkali kita gagal menegakkan keadilan karena hati kita tidak sungguh-sungguh memegang keadilan Tuhan.

Ketika kita sebagai orang-orang percaya beroleh kemenangan maka orang-orang akan memuji Allah karena kita di pihak Allah. Usaha untuk menyatakan kebenaran semestinya digerakkan oleh Doa, pengenalan yang benar akan Allah serta kepekaan yang berdasarkan kedekatan kita dengan Tuhan. Dengan demikian kita tidak sedang memperjuangkan idealisme tetapi memperjuangkan kerajaan Allah. Dan orang-orang akan bersorak-sorai memuji Allah dan berkata: “TUHAN itu besar, dia menginginkan keselamatan hamba-Nya” dan kita akan berkata : “Dan lidahku akan menyebut-nyebut keadilan-Mu, memuji-muji Engkau sepanjang hari.” (Maz 35:27-28)

“Tuhan ALLAH telah memberikan kepadaku lidah seorang murid, supaya dengan perkataan aku dapat memberi semangat baru kepada orang yang letih lesu. Setiap pagi Ia mempertajam pendengaranku untuk mendengar seperti seorang murid. Tuhan ALLAH telah membuka telingaku, dan aku tidak memberontak, tidak berpaling ke belakang. Aku memberi punggungku kepada orang-orang yang memukul aku, dan pipiku kepada orang-orang yang mencabut janggutku. Aku tidak menyembunyikan mukaku ketika aku dinodai dan diludahi.” (Yes 50:4-6).

Marilah sebagai umat beriman atau umat Allah kita belajar . Kegiatan yang paling banyak kita lakukan adalah berkata dan mendengarkan: dalam berkata-kata kita diharapkan memberi motivasi kepada yang letih lesu dan kita diharapkan juga menjadi pendengar yang baik, tidak menjadi pemberontak.

Kita semua diharapkan memiliki lidah yang senantiasa memuji Tuhan melalui saudara-saudari kita. Maka marilah kita saling memuji satu sama lain di dalam kehidupan sehari-hari kita.

By: Martha

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s