Undangan Agung dari Allah-Kis 10:30-33-Rabu 13 maret 2013


10:30 Jawab Kornelius: “Empat hari yang lalu kira-kira pada waktu yang sama seperti sekarang, yaitu jam tiga petang, aku sedang berdoa di rumah. Tiba-tiba ada seorang berdiri di depanku, pakaiannyap  berkilau-kilauan 10:31 dan ia berkata: Kornelius, doamu telah didengarkan Allah dan sedekahmu telah diingatkan di hadapan-Nya. 10:32 Suruhlah orang ke Yope untuk menjemput Simon yang disebut Petrus; ia sedang menumpang di rumah Simon, seorang penyamak kulit, yang tinggal di tepi laut. 10:33 Karena itu segera kusuruh orang kepadamu, dan dengan senang hati engkau telah datang. Sekarang kami semua sudah hadir di sini di hadapan Allah untuk mendengarkan apa yang ditugaskan Allah kepadamu.”

Intermezo

Undangan adalah sebuah ajakan

Undangan dapat kita artikan sebagai sebuah ajakan /Persuasi , adalah suatu tindakan yang berdasarkan segi-segi psikologis, yang dapat membangkitkan kesadaran individu. (Oemi Abdurrachman, MA, 1989: 62).

Ajakan/persuasi adalah usaha yang didasari untuk mengubah sikap, kepercayaan, atau perilaku orang melalui tranmisi pesan (Dan Nimmo, 1993: 119) .

Pace, Peterson dan Burnett (1979) dalam Venus 2007:30 mendefinisikan ajakan/persuasi sebagai tindakan komunikasi yang bertujuan untuk membuat komunikan (penerima pesan) mengadopsi pandangan komunikator (pengirim pesan) mengenai suatu hal atau melakukan suatu tindakan tertentu. Dalam kegiatan persuasi selalu ditandai empat hal, yaitu:

  • Melibatkan sekurang-kurangnya dua pihak
  • Ada tindakan secara sengaja mempengaruhi
  • Adanya pertukaran/transaksi pesan persuasive
  • Adanya kesukarelaan menerima atau menolak gagasan yang ditawarkan

Jadi bedasarkan beberapa pengertian diatas, dapat kita artikan bahwa ajakan/persuasi adalah kemampuan untuk mengajak orang lain agar mengubah sikap dengan argumentasi, untuk melakukan sesuatu sesuai dengan tujuan orang yang mengajak.

Dalam nats ini kita baca ;  bahwa Allah sangat mengasihi Kornelius dan keluarganya yang dengan setia berdoa dan bersedekah kepada mereka yang membutuhkan (umat Yahudi). Sehingga Allah mengundang/mengajak Kornelius dan keluarganya serta pengawalnya untuk mengenal –KASIH…yaitu Tuhan Yesus melalu Simon yang disebut Petrus. Dan Kornelius beserta keluarganya bersiap mendengarkan apa yang ditugaskan Allh kepada Simon yang disebut Petrus. Dan undangan/ajakan Tuhan ini bagi Kornelius dan keluarganya adalah undangan khusus atau VIP  karena ketaatannya.

Kontemplatif

Undangan kepada Anda sekalian yang ingin mengikut Kristus

Yesus yang memanggil, “Ikutlah Aku!” Dapatkah kita memberi jawab kepada-Nya melalui komitmen seumur hidup?

Tak seorangpun ingin terhenti  akan cita-cita dan masa depannya. Ada banyak diantara kita perlu menitik beratkan cita-cita dan masa depan kita. Bergumul untuk memperoleh masa depan yang bahagia melibatkan penentuan pilihan-pilihan adalah prioritas setiap orang.

Sebagian orang ada juga mengambil langkah yang berani untuk mengikuti Kristus dalam kehidupan berkeluarga, dalam kehidupan bermasyarakat, dalam tekad bekarya bagi sesama manusia. Ada pula diantara  kita yang bertanya, ragu-ragu, kurang yakin bahwa Yesus adalah sumber segala berkat…Firman Tuhan; “Carilah dulu kerajaan Allah dan kebenaran-nya, maka semuanya akan ditambahkan kepadamu” masih belum meyakinkan sebagian kita .

Kita harus  memotivasi  mereka yang sedang mempertimbangkan sebuah pilihan untuk selama-lamanya: Sering kKetika diperhadapkan dengan komitmen seperti itu kita mungkin bimbang. Namun jika Anda sekalian menyelam lebih dalam maka Anda akan menemukan sukacita saat Anda memberikan kehidupan Anda seutuhnya.  Karena janji Tuhan ya dan Amin.

Mungkin sangat sulit bagi Anda sekalian untuk mempercayai bahwa Allah memanggil Anda secara pribadi dan Hidup Anda sangat berharga bagi-Nya.

Panggilan-Nya pertama-tama dan terutama adalah sebuah undangan/ajakan  pribadi. Ijinkanlah Dia membimbing Anda jalan mana yang harus Anda tempuh. Allah tinggal dalam diri Anda namun Dia tidak mengambil alih tempat Anda. Sebaliknya, Allah membangkitkan kekuatan yang tiada terduga.

Dalam mengikut Kristus, kita tidaklah sendirian. Kita sekalian terlahir seiring dengan persekutuan yang adalah Gereja. Di dalamnya, “ya” yang kita ucapkan menjadi pujian.

Sering kali kita terlalu ingin memainkan nada-nada kehidupan kita sendiri dan melarang Sang Pencipta memainkan musik yang indah. Sebagai umat-Nya, kita ini “diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya” . Namun, hidup kita tidak mampu menghasilkan musik yang indah kecuali jika kita mengizinkan Allah bekerja di dalam diri kita.

Allah menuliskan simfoni bagi kehidupan kita. Izinkanlah Dia mengerjakan rancangan-Nya di dalam hidup kita –Dave Egner

KEMAMPUAN ALLAH
MELAMPAUI KETIDAKMAMPUAN KITA

Melayani Tuhan bukan karena dipanggil oleh manusia, bukan oleh karena kehendak diri kita sendiri, namun kita menjadi hamba Tuhan adalah undangan/ajakan Tuhan. “Banyak orang sedang mengutus diri mereka sendiri, menetapkan diri mereka sendiri untuk menjadi seorang hamba Tuhan”. Tentu ini adalah suatu kesalahan. Tuhan yang mengutus kita. Tidak seorangpun yang dibenarkan untuk mulai pelayanan pemberitaan Firman. Ada elemen pengutus, dan kita harus kembali kepada aturan itu…

Ada term yang biasa disebut sebagai “trik gereja” untuk mempertahankan orang-orang “berduit” yang dapat menopang kebutuhan gereja dengan memberikan sejumlah jabatan gerejawi yang belum tentu cocok untuk orang itu dan yang lebih menyedihkan jabatan tersebut bukan oleh karena panggilan Tuhan, namun panggilan manusia, panggilan dari pemimpin gereja yang ingin mempertahankan duit orang itu. Maap, mungkin apa yang saya katakan ini terlalu keras dan kasar, namun jika Anda merasa perkataan ini keras, koreksilah diri Anda sendiri. Jika ternyata panggilan Anda menjadi hamba Tuhan benar-benar datang dari Tuhan, maka bersyukurlah, karena berarti Anda telah melakukan yang terbaik bagi Tuhan.

Apakah yang diminta oleh Allah untuk Anda kerjakan? Barangkali Anda diminta untuk melakukan sesuatu yang besar atau hal yang biasa. Anda mungkin diminta untuk menanggapi sebuah perintah Kitab Suci dengan aktif, atau untuk berserah dengan sabar terhadap penderitaan saat ini. “Apa yang dirancangkan oleh Allah untuk kita alami setiap saat, merupakan hal paling kudus yang dapat terjadi pada kita

Setiap orang Kristen, setiap orang percaya memiliki satu goal, kita itu menjadi ‘man of God’ di dalam hidup ini. “Dengan demikian tiap-tiap manusia kepunyaan Allah diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik.” That is how man of God diproses oleh Tuhan, dibentuk oleh Tuhan, dipersiapkan oleh Tuhan supaya kita hidup di dalam dunia ini untuk melakukan setiap pekerjaan yang baik.

Panggilan Tuhan kepada kita adalah PANGGILAN YANG AGUNG. Karena panggilan Tuhan adalah panggilan untuk menjadi utusan-utusan-Nya. Tidak ada pekerjaan yang lebih istimewa dari panggilan menjadi duta Kristus.

Mari saudaraku, jika Anda diundang/diajak  bergabunglah bersama kami untuk melayani Tuhan dan mengembangkan pelayanan ini. Hanya orang yang rendah hati,setia  dan takut akan Dia peka terhadap undangan/ajakan-Nya.

images (9)

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s