Pengertian kepemimpinan


cropped-pena.jpg“BABU”…Bakal Buku

 Pengertian kepemimpinan

Jika menelisik  perkembangan teori kepemimpinan mulai dari studi IOWA, penemuan OHIO, penemuan Michigan, teori Kontigensi, sampai pada Path-Goal theory hingga saat ini secara substansial telah beranak-pinak atau bertumbuh dengan pesatnya berbagai Konsep, sintesis atau skema tentang kepemimpinan, menumbuhkan keterjagaan  akan pentingnya bidang tersebut untuk ditelisik dan dipelajari secara seksama dan dikembangkan sejalan dengan perkembangan jaman yang terus berdinamis.

Berbicara tentang kepemimpinan bukan perkara yang gampang, karena setiap orang mempunyai persepektif yang berbeda. Bahkan secara ekstrim oleh sebagian pakar manajemen dikatakan bahwa jumlah definisi tentang kepemimpinan sama dengan jumlah orang yang berusaha mendefinisikannya. Ada kepemimpinan ORMAS,pendidikan, pemasaran, industri, dan bisnis, dlsb.

Beberapa pendapat tentang kepemimpinan :

Keith Devis

Kepemimpinan adalah kemampuan untuk mengajak orang lain untuk mencapai tujuan tertentu dengan penuh semangat.

Paul Hersey dan Kenneth H. Blanchard

Kepemimpinan adalah proses mempengaruhi kegiatan individu atau kelompok dalam situasi tertentu .

Peter Drucker

“pondasi dari kepemimpinan yang efektif adalah berpikir berdasar misi organisasi, mendefinisikannya dan menegakkannya, secara jelas dan nyata

Ki Hajar Dewantara

1.      Ing Ngarso Sung Tulodo => di depan kita memberi contoh

2.      Ing Madyo Mangun Karso => ditengah membangun prakarsa dan bekerjasama

3.      Tut Wuri Handayani => di belakang memberi daya-semangat dan dorongan.

Menurut penulis

Kepemimpinan adalah aktifitas mempengaruhi,inovatif, profesional, melayani , serta mampu menciptakan suatu manuver untuk mengajak, mengarahkan, berkiprah dalam suatu kemitraan dengan tiap-tiap individu agar mau menelisik   misi dan visi  yang diinginkan bersama.

Atas dasar itu dapatlah disimpulkan bahwa :

Kepemimpinan adalah : Rantaian vitalitas sistematisasi berupa kapabilitas atau kompetensi yang mengimpresi  perilaku orang lain agar berkolaborasi untuk mencapai tujuan yang telah diikrarkan bersama.

Pengertian pemimpin

Pengertian pemimpin adalah klasifikasi,kategorisasi atau strata tertinggi dari suatu morfologi (desain), komposisi yang mempunyai hak mengatur,mengelola, mengendalikan, mengorganisir tempat/orang yang dipimpinnya. Dalam memimpin, kemampuan mengorganisir merupakan bagian yang terpenting dalam konstelasi (sistem) kehidupan sosial. Karena manusia itu merupakan makhluk sosial.

Seorang pemimpin mempunyai peran untuk mengatur, memberi arahan, dan pengendali atas orang-orang yang dipimpinnya. Sehingga dalam kehidupan bermasyarakat jika terjadi sesuatu permasalahan maka menjadi tanggung jawab seorang pemimpin . Menjadi seorang pemimpin bukanlah tugas yang ringan.

Kepemimpinan hanya dapat dilaksanakan oleh seorang pemimpin. Seorang pemimpin  harus memiliki potensi , kapabelitas, dan integritas dalam memimpin, bahkan mempunyai kemampuan mengimpresi aksioma sekelompok orang yang memiliki visi yang sama. Kepemimpinan adalah sesuatu yang muncul dari analitis dan merupakan buah dari keputusan seseorang untuk mau menjadi pemimpin, baik untuk pribadi, keluarga, bahkan lingkungan sekitarnya. Kepemimpinan adalah sebuah keputusan dan lebih merupakan hasil dari analistis transformasi intens di dalam diri individu. Kepemimpinan muncul ketika seseorang menemukan visi dan misi dalam hidupnya, ketika terjadi inner peace, dan membentuk bangunan karakter yang kokoh. Setiap  ucapan dan prilaku  memberikan impak kepada lingkungannya untuk bertransformasi dalam organisasinya. Jadi kepemimpinan itu sesuatu yang bertunas atau terbit dari dalam diri seseorang. Kepemimpinan lahir dari proses internal (leadership from the inside out).

*Babu (Bakal buku) By: Martha belawati

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s