MENGAPA DISEBUT JUMAT AGUNG?


Luke 23:44-46

Apakah kamu pernah menghadiri acara pemakaman? Apakah ada yang mengatakan bahwa kematian adalah hal yang baik?

Hari Jumat Agung bahasa Inggrisnya adalah good Friday, yang artinya adalah Jumat yang baik. Apakah kamu pernah bertanya-tanya, ”Jika Tuhan Yesus meninggal pada hari Jumat yang baik, mengapa hari itu disebut ’baik’?” Barang kali kita tidak bisa mendapat jawaban resmi, namun berikut adalah beberapa kemungkinannya.

Pertama, tindakan Tuhan Yesus mati di atas kayu salib adalah tindakan yang membuka pintu antara Allah dan manusia. Sebenarnya, ini adalah satu-satunya cara untuk membuka pintu tersebut! Semua mujizat yang dilakukan Tuhan Yesus sungguh hebat, ketaatan-Nya kepada Bapa sungguh indah, pengusiran setan yang dilakukan-Nya luar biasa, kebangkitan-Nya mulia! Namun, hanya oleh kematian Tuhan Yesus di atas kayu salib saja, oleh karya penebusan-Nya, maka kita bisa memasuki hubungan yang manis dengan Bapa.

Kedua, tentu sangat menyakitkan Allah Bapa untuk menyaksikan Anak-Nya mati di atas kayu salib. Namun kematian Tuhan Yesus merupakan hal yang baik menurut pandangan Bapa. Sebab jika Allah Bapa tidak menganggap kematian Tuhan Yesus sebagai suatu hal yang baik, Dia tentu tidak akan meminta Tuhan Yesus untuk melakukannya! Dan Dia tentu juga tidak akan mengizinkan Tuhan Yesus untuk melalui semua penderitaan itu, sebab Tuhan Yesus telah berkata, ”…janganlah apa yang Aku kehendaki, melainkan apa yang Engkau kehendaki”. Bagi Abraham, diminta untuk mengorbankan anaknya ”hanyalah suatu ujian”, namun bagi Tuhan Yesus, ini bukanlah suatu ujian dari Allah Bapa! Ini adalah cara Allah Bapa bisa membawa kita, orang-orang berdosa pulang ke sorga!

Terakhir, jika kita berfokus kepada kematian Tuhan Yesus saya, rasanya sangatlah suram. Namun kita juga harus mengingat bahwa Tuhan Yesus memilih untuk menaati Allah Bapa, bahkan hingga mati! Itu adalah tujuan hidup-Nya satu-satunya, untuk memulihkan hubungan antara manusia dan Allah Bapa!

RENUNGKAN: Tanpa hari Jumat Agung, tak ada satu hal pun akan menjadi baik!

DOAKAN: Tuhan, terima kasih banyak untuk Jumat Agung. Sekarang setelah saya bisa lebih mengerti, tolonglah saya untuk tahu bagaimana bisa membagikan peristiwa paling indah bagi umat manusia ini kepada orang lain! Saya berdoa dalam nama Tuhan Yesus, amin.

(dipora.blogspot.com/…/)

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s