Rabu 20/08/14Merangkul Pergumulan 1 Petrus 2:18-25


Merangkul Pergumulan  1 Petrus 2:18-25

 

 2:19 Sebab adalah kasih karunia, jika seorang karena sadar akan kehendak Allah  menanggung penderitaan yang tidak harus ia tanggung. 

2:20 Sebab dapatkah disebut pujian, jika kamu menderita pukulan karena kamu berbuat dosa? Tetapi jika kamu berbuat baik dan karena itu kamu harus menderita, maka itu adalah kasih karunia pada Allah. 

2:21 Sebab untuk itulah   kamu dipanggil,  karena Kristuspun telah menderita untuk kamu dan telah meninggalkan teladan  bagimu, supaya kamu mengikuti jejak-Nya 

Setiap kita pasti pernah mengalami pergumulan, baik pergumulan yang berat maupun yang ringan. Hampir semua orang  kristen  melihat rekannya dalam pergumulan  menganggap penderitaan itu sering dihubungkan dengan dosa dan hukuman. Benarkah demikian?

Di pihak lain, berkat-berkat yang kita peroleh  selalu dikaitkan dengan kasih/anugerah Tuhan. Dengan mudah orang akan mengatakan kalau hidup orang kristen diberkati tanpa ada pergumulan itulah kasih  Tuhan, namun jika seseorang mengalami kesulitan atau menderita itulah hukuman Allah.

Kita sebagai orang kristen harus membuat  “rumah di atas batu karang yang teguh”  di dalam proses membangun kita pasti  berhadapan dengan  dengan setiap permasalahan , yaitu; penderitaan, perlakuan yang tidak adil, jika kita tidak mampu mengatasinya  akan terdepak dala dunia yang penuh sandiwara . Kita harus memiliki kesadaran yang berulang-ulang     dan dengan rela  “merangkul pergumulan” tersebut dan mengambil keputusan untuk menanggung  penderitaan tersebut. Karena mengikut Kristus kita harus “siap menderita” .  Ada suatu proses  pembentukan agar kita menjadi bahan bangunan rumah Tuhan yang kokok, seperti “orang pandai membangun rumahnya di atas batu karang  yang teguh”. Ingatlah, bahwa bahan bangunan rumah Allah adalah emas, mutiara, dan batu-batuan permata (Wahyu 21:18-21). Ketiga bahan tersebut hanya dapat terjadi lewat proses pembentukan yakni panas, tekanan, dan iritasi. Mutiara hanya bisa terbentuk lewat proses respon dari kerang terhadap iritasi benda asing yang dimasukkan ke dalam bagian lunak.

Pergumulan  yang kita alami  menghasilkan ketekunan. Jangan halangi ketekunan merubah diri kita  untuk memperoleh “rumah yang kokoh”

 

Penderitaan akan bisa diterima jika kita dapat memaknainya

Penderitaan tidak akan menjadi kata terakhir dalam hidup kita. Kecuali jika kita yang merelakannya..

Rasul Paulus mengatakan, bahwa kita harus berjuang terus “sebagai seorang prajurit yang baik dari Yesus Kristus”. Kita harus mengalahkannya.

Dekaplah penderitaan itu bukan untuk menjadi mangsa dan korban darinya, tetapi untuk mengubahkannya. Lewat penderitaan itu lahirlah kemenangan dan kehidupan yang sebenarnya. Bukan saja untuk diri sendiri tapi untuk semua manusia.

So, itulah penderitaan kita tidak perlu melarikan diri dari padanya. Justru kita harus mendekapnya, bukan sebagai sikap menyerah, tetapi justru untuk mengalahkannya ! mengubahnya menjadi kemenangan !

Jangan biarkan penderitaan berjalan seorang diri…tetapi temanilah sepanjang waktu, maka anda akan mengenal lebih dalam akan dia dan menjadi sahabat sejati anda untuk bersatu menaikkan doa-doa Anda pada-Allah….Martha belawati

BERPIKIR POSITIF

Tidak  pernah menyesali setiap persoalan   yang pernah Anda hadapi. Setiap persoalan memiliki manfaat dan  untuk  membentuk Anda menjadi manusia tangguh .

Ketika Anda dikhianati oleh mereka, sebenarnya mereka telah mendidik  Anda agar  tidak berprilakuseperti mereka.

Saat teman Anda  pura-pura tidak mengenal Anda, sebenarnya dia telah mendidik Anda agar tidak beranggapan yang salah &   selalu berpikiran positif,  bahwa mungkin saja dia tidak melihat Anda.

Saat cita-cita Anda tidak tercapai,sebenarnya sedang mengajari Anda untuk menerima kenyataan dan berusaha lebih giat lagi.

Saat  seseorang bersikap mencibirAnda,sebenarnya dia sedang mengajari Anda untuk selalu bersikap sabar pada mereka yang mencibir Anda.

Saat Anda butuh seorang teman  untuk berbagi cerita dan  dia berusaha untuk menjauh, sebenarnya dia sedang mengajari Anda untuk menjadi seorang yang mandiri.

Bila Anda dibutuhkan hanya pada saat dia sedang dalam kesulitan, sebenarnya dia juga telah mengajari Anda untuk menjadi orang yang arif dan bijaksana.

Inilah beberapa proses yang Tuhan inginkan padadiri Anda sebelum bertemu orang dengan berbagai macam karakter yang tidak menyenangkan sebelum Anda bertemu dengan orang yang menyenangkan.Dan ini adalah suatu “karunia”dari-Nya yang telah mengajarkan sesuatu yang paling berharga dalam hidup Anda.

“Hidup adalah mimpi”, wujudkanlah

Mimpi adalah kunci

Untuk kita menaklukkan dunia

Berlarilah tanpa lelah

Sampai engkau meraihnya

Laskar pelangi

Takkan terikat waktu

Bebaskan mimpimu di angkasa

Warnai bintang di jiwa

Menarilah dan terus tertawa

Walau dunia tak seindah surga

Bersyukurlah pada yang kuasa

Cinta kita di dunia

Selamanya…

Cinta kepada hidup

Memberikan senyuman abadi

Walau hidup kadang tak adil

Tapi cinta lengkapi kita

Laskar pelangi

Takkan terikat waktu

Jangan berhenti mewarnai

Jutaan mimpi di bumi

 

Menarilah dan terus tertawa

Walau dunia tak seindah surga

Bersyukurlah pada yang kuasa

Cinta kita di dunia

Menarilah dan terus tertawa

Walau dunia tak seindah surga

Bersukurlah pada yang kuasa

Cinta kita di dunia

Selamanya…Selamanya…

Laskar pelangi

Takkan terikat waktu…

 

“Bermimpilah, karena Tuhan akan memeluk mimpi-mimpi itu.” 
― Andrea HirataSang Pemimpi

“Bermimpilah dalam hidup, jangan hidup dalam mimpi.” 
― Andrea HirataSang Pemimpi

Dari negri Laskar PelangiDSC_0009

                       

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s