Minggu 07/09/14 WISDOM = Sagacity, Discernment, or Insight


 Kado untuk anak-anak kita (Ams.4:1-5)

Nasihat untuk mencari hikmat

1 Dengarkanlah, hai anak-anak, didikan  seorang ayah  , dan perhatikanlah supaya engkau beroleh pengertian,  

2 karena aku memberikan ilmu yang baik kepadamu; janganlah meninggalkan petunjukku.

3 Karena ketika aku masih tinggal di rumah ayahku sebagai anak, lemah dan sebagai anak tunggal bagi ibuku,

4 aku diajari ayahku, katanya kepadaku: “Biarlah hatimu memegang perkataanku; berpeganglah pada petunjuk-petunjukku, maka engkau akan hidup.  

5 Perolehlah hikmat,  perolehlah pengertian  , jangan lupa, dan jangan menyimpang dari perkataan mulutku.

Agar lebih lengkap saya tambahkan lagi:

Amsal 1:8-9

Nasihat dan peringatan

8 Hai anakku, dengarkanlah didikan ayahmu,   dan jangan menyia-nyiakan ajaran ibumu

 9 sebab karangan bunga yang indah itu bagi kepalamu, dan suatu kalung bagi lehermu.

 Hikmat /Wisdom  adalah paham tentang; kearifan, akal budi, bestari, bijak, cerdas, dlsb

Orang berhikmat adalah seseorang yang  mengerti dan memahami bahkan membuat persepsi  tentang  kemanusiaan, materi, dan kejadiaan. Mereka mampu memahami apa yang benar dalam suatu perbuatan. Sinonimnya termasuk: kebijaksanaan, kecerdasan, akal budi, akal sehat, kecerdikan; bahasa Inggris: sagacity, discernment, or insight. (sumber:wikipedia)

Dalam Alkitab hikmat diartikan sebagai: pengertian, pengetahuan dan kebijaksanaan. Orang berhikmat memahami segala perkara dengan baik.

Namun, di mana hikmat dapat dicari?, Mengapa hikmat lebih bernilai daripada materi?, Apa sih daya tarik hikmat?

Sumber hikmat dapat berasal dari Allah, manuisia, dan  alam. Namun sumber hikmat yang akbar/besar berasal dari Allah.

Amsal 1:7. Takut akan TUHAN adalah permulaan pengetahuan, tetapi orang bodoh menghina hikmat dan didikan. 1:20. Hikmat berseru nyaring di jalan-jalan, di lapangan-lapangan ia memperdengarkan suaranya, 14:33. Hikmat selalu ada di dalam pikiran orang berbudi; tapi tertindas dalam pikiran orang bodoh. 19:20. Jika engkau suka belajar dan mendengar nasihat, kelak engkau menjadi orang yang berhikmat.

Salomo sejak kanak-kanak telah diajarkan oleh ayahnya Daud tentang Allah dan hikmat-Nya. Didikan Ayahnya Daud disimpan dalam hati  Salomo. Dan setelah ia menggantikan ayahnya Daud dan berkeluarga, ia meneruskan ajaran ayahnya Daud kepada keturunannya.

Hikmat  dari Salomo diarahkan untuk setiap orang yang ingin mengerti  tentang kehidupan yang sejati di dalam Allah . Orang yang menerima hikmat dari-Nya akan menjadi manusia  yang luar biasa. Salomo adalah manusia paling berhikmat  yang tida tertandingi  pada waktu itu, mungkin hingga kini. Hikmat dari Tuhan  yang diajarkan Salomo membuat seseorang: mengerti kebenaran, keadilan, kejujuran. Hikmat ini dapat diperoleh saat seseorang membina relasi dengan-Nya, bersekutu dengan Firman-Nya yang menerangi hati, pikiran, dan jalan-jalan hidup kita.

Allah mewujudkan jalan-jalan-Nya kepada Salomo   agar kesalehan ,pengabdian, pujian dan penyembahan diwariskan / diajarkan terutama melalui pengajaran orang-tua mengenai keteladanan.

Untuk memperoleh hikmat kita harus bayar harga dengan menjadi seorang murid yang tekun dan merenungkan ajaran-Nya siang dan malam  bahkan dibutuhkan pengabdian. Hikmat dari Allah mengalahkan emas,perak, dan permata (harta kekayaan). Hubungan pribadi dengan Allah/Bapa menjadi langkah awal untuk memperoleh Hikmat sejati yang membenci kejahatan.

Dengan pengabdian kita akan mengerti nilai-nilai hidup.  Belajat & mendengar nasihat orang tua dan sesama kelak akan menjadikan kita orang yang berhikmat. Yesus Kristus adalah perwujudan unggul dari hikmat Allah .

Amsal 4:1 Dengarkanlah, hai anak-anak, didikan seorang ayah, dan perhatikanlah supaya engkau beroleh pengertian, 4:2 karena aku memberikan ilmu yang baik kepadamu; janganlah meninggalkan petunjukku.

 Orang tua berperan serta di dalam mendidik dan mengajar anak-anakNya.

Pengajaran dan didikan dalam hikmat Tuhan itu mempunyai makna:

– Supaya anak beroleh pengertian akan kehidupan ini

– Supaya mereka tidak meninggalkan hukum Tuhan dan peraturan-peraturanNya. – Didikan orang tua yang berhikmat  akan membuat anak-anak kita mengenakan hal yang indah dalam kehidupannya.

– Didikan orang tua yang berhikmat akan membawa anak hidup dalam kebenaran dan takuat akan Allah. – Ayah dan ibu mendidik di dalam kebersamaan, dengan dimulai untuk pertumbuhan kepribadian.

– Didikan orang tua yang berhikmat menuntun anaknya pada jalan yang terang seperti fajar, dan pada terang yang sempurna.

Hikmat, yang juga dikenal sebagai kebijaksanaan, begitu penting dalam kehidupan manusia. Tanpa hikmat dalam kehidupan, seseorang bisa tersandung dan jatuh. Kebijaksanaan tidak dapat di beli. Kita cari di mall, super market, di pasar  tidak ada yang jual. Hikmat hanya bisa diperoleh dari; takut akan Tuhan. Pendidikan/ kemampuan akademis, atau kemampuan intelektual, tidaklah identik dengan hikmat. Pendidikan tinggi tidak menjamin seseorang memiliki hikmat.

Hikmat dan kebijaksanaan seseorang  tidak dinilai dari tuanya usia, atau dari banyaknya gelar akademis yang dimilikinya. Kuncinya hanya takut akan Tuhan.

Amsal 3:16 Hikmat memberikan kepadamu umur panjang, kekayaan dan kehormatan.

Gereja atau pendeta harus menuntun jemaat untuk memperoleh hikmat dan kebijaksanaan bukan melalui kotbah di mimbar saja tapi harus menjadi teladan atau contoh dalam hiup keseharian sebagai hamba Tuhan yang berhikmat.

 Kata Bijak

‘Seribu pengajaran tidak dapat mengubah hidup kita jika tidak ada ‘telinga untuk mendengar dan menyimak’

“Banyak orang merasa lelah karena mencoba menghidupi kebenaran tanpa berhikmat”

 

By: Pdt. Martha Belawati Tarihoran (MBT)

 DSC_0107

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s