Kepemimpinan


Kepemimpinan adalah suatu persepsi atau sebuah sketsa  yang berkaitan dengan keberhasilan dalam mencapai visi dan misi  suatu organisasi. Kepemimpin akan sangat meragi, mempengaruhi bahkan mendefinisikan bagaiman perjalanan suatu organisasi dalam mencapai visinya.

Berbicara tentang  kepemimpinan seperti mengarungi samudera luas yang mendapat pasokan air dari ratusan sungai yang tak pernah kering. Selalu  saja ada perkembangan di setiap era yang berbeda dalam setiap organisasi yang menuntut partikularitas atau karakter kepemimpinan tertentu.cover

Kepemimpinan  adalah aktifitas mempengaruhi, inovatif, profesional, melayani , serta mampu menciptakan suatu manuver untuk mengajak, mengarahkan, berkiprah dalam suatu kemitraan dengan tiap-tiap individu agar mau menelisik   misi dan visi  yang diinginkan bersama.

Atas dasar itu dapatlah disimpulkan bahwa :

Kepemimpinan adalah : Rantaian vitalitas sistematisasi berupa kapabilitas atau kompetensi  perilaku orang lain agar berkolaborasi untuk mencapai tujuan yang telah diikrarkan bersama.

Pengertian pemimpin adalah klasifikasi, kategorisasi atau strata tertinggi dari suatu morfologi (desain), komposisi  yang mempunyai hak mengatur,mengelola, mengendalikan, mengorganisir tempat/orang  yang dipimpinnya. Dalam memimpin, kemampuan mengorganisir merupakan bagian yang terpenting dalam konstelasi (sistem) kehidupan sosial. Karena manusia itu merupakan makhluk sosial.

Seorang pemimpin mempunyai peran untuk mengatur, memberi arahan, dan pengendali atas orang-orang  yang dipimpinnya. Sehingga dalam kehidupan bermasyarakat jika terjadi sesuatu permasalahan maka menjadi tanggung jawab seorang pemimpin . Menjadi seorang pemimpin  bukanlah tugas yang ringan. Kepemimpinan hanya dapat dilaksanakan oleh seorang pemimpin.  Seorang pemimpin  harus memiliki potensi , kapabelitas, dan integritas dalam memimpin, bahkan mempunyai kemampuan mengimpresi aksioma sekelompok orang yang memiliki visi yang sama. Seorang pemimpin memiliki  rekam jejak prestasi keadilan, kejujuran, cara-cara memimpin dan kedekatannya dengan anggota dan masyarakat. Kepemimpinan itu berarti melayani.

Kepemimpinan adalah sesuatu yang muncul dari analitis dan merupakan buah dari keputusan seseorang untuk mau menjadi pemimpin, baik untuk pribadi, keluarga, bahkan lingkungan sekitarnya.Kepemimpinan adalah sebuah keputusan dan lebih merupakan hasil dari analistis transformasi intens di dalam diri individu. Kepemimpinan muncul ketika seseorang menemukan visi dan misi dalam hidupnya, ketika terjadi inner peace, dan membentuk bangunan karakter yang kokoh. Setiap  ucapan dan prilaku  memberikan impak kepada lingkungannya untuk bertransformasi dalam organisasinya. Jadi kepemimpinanitu sesuatu yang bertunas atau terbit  dari dalam diri seseorang. Kepemimpinan lahir dari proses internal (leadership from the inside out).

Seorang pemimpin tidak  menimbulkan ketakutan, arogansi tetapi mereka-mereka yang menginspirasi, yang mau bertanya , yang menghargai para pengikutnya  dan selalu meletakkan mereka sebagai sentral dalam semua kebijakan, pikiran dan kata-kata mereka. Kepemimpinan yang baik  adalah kepemimpinan yang mendengarkan dan tidak berjarak (sombong) dan tidak meletakkan otoritas sebagai bahasa kepada bawahannya tetapi mendorong entusiasme. Seorang  pemimpin mampu menciptakan loyalitas dan saling percaya yang pada akhirnya  berujung pada kinerja yang baik.

Dalam arus globalisasi  perkembangan dunia informasi mengalir begitu deras  , dimana segala aspek yang mempengaruhi perkembangan organisasi menjadi begitu sangat besar pengaruhnya, dibutuhkan kepemimpinan yang mampu berelaborasi, berfikir jauh ke depan, mampu mengantisipasi segala dampak dalam perkembangan zaman, di era yang sangat kompetitif dan tuntutan kebutuhan yang semakin beragam, dan  spesifik menjadi sangat relevan. Organisasi membutuhkan kepemimpinan yang mampu menjadi roda penggerak organisasi  untuk mencapai visi bersama.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s