Rabu, 16 Sept/2015 Kis 25:13-27 Moralitas


cropped-pena.jpg

Kis 25:13-27

Dalam Yohanes 7:24 Allah mengingatkan, “Janganlah menghakimi menurut apa yang nampak, tetapi hakimilah dengan adil.”
Definisi ‘fitnah’, adalah cerita yang tidak benar/kebohongan tanpa berdasarkan bukti yang disebarkan pada akhirnya meregikan orang tersebut. Fitnah adalah perbuatan tidak terpuji.

Wikipedia

Fitnah merupakan komunikasi kepada satu orang atau lebih yang bertujuan untuk memberikan stigma negatif atas suatu peristiwa yang dilakukan oleh pihak lain berdasarkan atas fakta palsu yang dapat memengaruhi penghormatan, wibawa, atau reputasi seseorang. Kata “fitnah” diserap dari bahasa Arab, dan pengertian aslinya adalah “cobaan” atau “ujian”.

Hal terkait fitnah adalah pengumuman fakta yang bersifat pribadi kepada publik, yang muncul ketika seseorang mengungkapkan informasi yang bukan masalah umum, dan hal tersebut bersifat menyerang pribadi yang bersangkutan.

Hukum penjelasan palsu “terutama ditujukan untuk melindungi kesejahteraan mental atau emosional penuntut”. Jika publikasi informasi itu palsu, terjadilah kesalahan berupa fitnah. Jika komunikasi itu tidak salah secara teknis namun menyesatkan, kesalahan berupa penjelasan palsu bisa terjadi.

Alkitab memperingatkan bahwa lidah sulit dijinakkan. Menahan bibir merupakan tindakan yang bijaksana. Siapa memelihara mulut dan lidahnya, memelihara diri dari pada kesukaran. —Ams 21:23.

kita harus berusaha menjaga hati dan berpikir serta berbicara tentang hal-hal yang benar. Yesus Kristus mengatakan, “Dengar dan camkanlah: bukan yang masuk ke dalam mulut yang menajiskan orang, melainkan yang keluar dari mulut, itulah yang menajiskan orang.” -Mat 15: 11.

Moralitas itu menyangkut hal baik dan buruk, yang ada pada diri kita tanpa pembatasan,

Emile Durkheim mengatakan, moralitas adalah suatu sistem kaidah atau norma mengenai kaidah yang menentukan tingka laku kita. Kaidah-kaidah tersebut menyatakan bagaimana kita harus bertindak pada situasi tertentu. Dan bertindak secara tepat tidak lain adalah taat secara tepat terhadap kaidah yang telah ditetapkan.

Dari pengertian tersebut, disimpulkan bahwa moralitas adalah suatu ketentuan-ketentuan kesusilaan yang mengikat perilaku sosial manusia untuk terwujudnya dinamisasi kehidupan di dunia, kaidah (norma-norma) itu ditetapkan berdasarkan konsensus kolektif, yang pada dasarnya moral diterangkan berdasarkan akal sehat yang objektif.

Moralitas Paulus.memiliki daya yang mebuat festus bingung
Permintaan Paulus untuk naik-banding ke Kaisar membuat Festus berada dalam kedilemaan. Karier Festus menjadi taruhannya jika ia tidak berhasil menangani kasus ini dengan baik. Inilah yang menghantui pikiran Festus. Kekuatan moralitas Paulus membuat mereka terusik dan kekuatan moralitasnya tidak bisa dipandang sebelah mata.

Paulus menghadapi kasus yang sama dengan Yesus: sama-sama dfitnah tetapi tidak menemukan kesalahan , mereka kebingungan apa yang mau dituduhkan dan mendapatkan kesalahan apa yang mereka perbuat kecuali mengenai agama.

Ada suatu tuntutan bagi orang-orang Kristen yang harus dipahami; menjadi orang kristen bukan sekedar pikiran atau akal budi yang mengerti isi Alkitab dan dogma-dogma gereja, tetapi juga moralitas, budi pekerti, penilaian tentang apa yang baik, apa yang salah, dan apa yang berkenan kepada Allah. Bagi Paulus, persembahan yang sejati menyangkut keseluruhan hidup manusia: tubuh, roh, jiwa, akal budi, tindakan dan moralitas.

Kita sebagai kaum minoritas, posisi kita di Indonesia sama. Karena itu orang Kristen pun harus mempunyai kekuatan moral seperti Paulus , bersinar membuat orang di sekitar kita merasa segan dan hormat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s